Warna Sepatu Mulai Pudar? Berikut Cara Menghitamkan Sepatu dengan Semir

Sebagai pekerja kantoran di kota metropolitan seperti Jakarta, sudah tentu menjaga penampilan untuk berangkat ke kantor adalah hal yang sangat penting. Ada beberapa set tampilan yang harus disesuaikan manakala hendak berangkat ke kantor. Mulai dari rambut yang biasanya harus klimis dan rapi. Kemeja berwarna polos yang tidak boleh terlihat lecek. Dasi yang warnanya harus terlihat cocok dengan warna kemeja. Celana bahan warna gelap yang harus terlihat bagus. Hingga yang terakhir, tentunya sepatu kerja. Sepatu kerja yang biasa dipakai biasanya merupakan jenis sepatu kulit pria pantofel yang membawa kesan formal.

Dengan satu set penampilan ini dijamin Anda akan terlihat keren dan dapat bekerja dengan baik. Tapi, tunggu dulu, tampil prima seperti layaknya eksekutif muda di Jakarta tentu tidak semudah itu. Tentulah ada yang harus di-maintenance, seperti sepatu kulit yang digunakan.

Yups, salah satu jenis maintenance yang bisa dilakukan pada sepatu kita adalah dengan menyemirnya. Awalnya mungkin sepatu pantofel kulit itu terlihat mengkilap dengan warna hitamnya, namun seiring waktu dan jumlah penggunaan yang banyak, perlahan kilap hitam itu berkurang dan terus berkurang, hingga akhirnya tidak menarik lagi.

Nah, di tahap inilah kita perlu mengetahui cara menghitamkan sepatu supaya tampak mengkilap lagi. Dengan cara apa? Dengan cara yang paling sederhana, yakni menyemirnya.

Namun,  bisa jadi Anda tidak familiar dengan proses semir-menyemir, biasanya sih kita bisa temukan tukang semir di sekitaran stasiun atau terminal. Kini, jumlah tukang semir berkurang drastis, sehingga kita harus mampu menyemir sepatu sendiri.

Bagaimana langkah-langkah menyemir sepatu? Berikut tipsnya.

 

  1. Pilih Jenis Semir Sepatu yang Diinginkan

Kiwi Wax Shoe Polish , Shoe and Foot Care Headquarters by ...

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menyemir sepatu adalah memilih jenis semir yang diperlukan. Ada beberapa jenis semir yakni yang berbentuk cair, krim, hingga wax. Jenis semir wax dan krim cocok untuk perlindungan pada sepatu kulit, karena melindunginya dari air. Sementara untuk semir jenis cair cocok untuk membuat sepatu lebih bersinar. Nah, untuk itu, tentukan lebih dahulu, jenis semir apa yang ingin digunakan untuk menyemir sepatumu.

 

  1. Semir Sepatumu dengan memakai kain

How to shine your dress shoes, shoe shine tips, men's ...

Cara menghitamkan sepatu dengan menyemir berikutnya adalah menggunakan kain untuk menyemir sepatumu. Gunakan kain berbahan halus, bisa juga dari kain bekas baju untuk digunakan sebagai kain untuk menyemir. Masukan kain tersebut ke dalam semiran, lalu kain yang sudah berbalur cairan semir, oleskan ke sepatu. Lap secara halus dan perlahan, dan kuncinya adalah meratakan semir sampai ke seluruh sepatu.

Untuk tempat-tempat pada sepatu yang sulit dijangkau dengan kain dapat digantikan dengan memakai bekas sikat gigi. Kuncinya adalah pada meratakan semir ke kedua sepatu, agar hasilnya maksimal.

 

  1. Bersihkan sisa semir

How To: Shine Shoes Like a Pro

Ketika proses menyemir dengan memakai kain telah usai, diamkan sepatu selama beberapa saat sampai mengering total. Ketika hasil semir sudah mengering, ambil sikat, dan bersihkan sisa lebih dari semir. Tak perlu khawatir karena sikat akan membantu hasil semiran jadi terlihat lebih maksimal. Hasil akhir dari melakukan proses semir ini adalah sepatu jadi jauh lebih mengkilap sehingga sebagai pemakainya, kamu akan terlihat elegan.

 

Itulah dia cara menyemir sepatu yang akan membuat sepatu kulit pantofelmu akan kembali mengkilap seperti dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *