Variasi Desain Batik Kantor untuk Wanita

Keberadaan batik semakin diakui oleh dunia sejak UNESCO menetapkan batik sebagai budaya warisan dunia non-bendawi. Sejak diakui oleh UNESCO yang merupakan salah satu badan PBB, upaya untuk melestarikan batik terus dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Berbagai kebijakan dibuat sebagai upaya memperkenalkan batik secara lebih meluas, di sisi lain kebijakan itu dibuat untuk mendukung gerakan pelestarian batik sehingga keberadaannya tidak punah. Salah satu kebijakan dalam rangka melestarikan batik yang banyak dilakukan adalah dengan mewajibkan pegawai/ karyawan (baik pegawai negeri maupun karyawan swasta) untuk memakai batik pada hari-hari tertentu. Kebijakan itu disambut baik oleh sebagian besar pegawai, namun tidak sedikit pula pegawai yang beranggapan bahwa memakai batik akan membatasi ruang gerak mereka dalam bergaya. Padahal, batik sebenarnya dapat didesain dengan model kekinian sesuai selera, termasuk juga batik yang akan digunakan ketika ke kantor. Berikut ini adalah beberapa variasi desain batik kantor yang bisa dicoba oleh para wanita pekerja kantoran.

Blazer Batik

Blazer merupakan jas pendek yang biasa digunakan sebagai luaran kemeja untuk menambah kesan formal dalam penampilan. Blazer biasanya diproduksi dengan mengandalkan material yang agak tebal, sehingga juga berfungsi untuk menghangatkan tubuh di dalam ruangan yang ber-AC. Saat ini, blazer tidak hanya diproduksi dengan mengandalkan material yang tebal, namun juga bisa diproduksi dengan material yang lebih tipis seperti kain batik. Blazer batik kini dapat kita temukan dengan mudah di pasaran, dengan berbagai model dan desain yang sangat cocok digunakan oleh para wanita untuk pergi ke kantor dan acara formal lainnya. Keunikan dari blazer batik adalah tetap mampu memberikan kesan formal tanpa meninggalkan kesan trendi sekaligus tradisional. Jika ingin memakai blazer batik, sebaiknya memakai kemeja yang tidak bercorak atau warna polos, agar antara corak kemeja dengan corak blazer batik kantor tersebut tidak berbenturan.

Baca Juga : Trend Busana Kuliah Menggunakan Cardigan

Vest atau Rompi Panjang Batik

Blazer batik yang umumnya diproduksi dengan panjang sepinggang membuat tidak semua wanita merasa nyaman memakai blazer batik, terutama bagi kaum muslimah yang berjilbab. Jika ingin menggunakan luaran yang lebih panjang, wanita kantoran bisa menggunakan vest atau rompi panjang dengan bahan kain batik. Vest merupakan pakaian tanpa lengan mirip rompi namun didesain dengan lebih panjang, yaitu hingga sedikit di atas lutut. Jika memakai vest batik, hendaknya dipadukan kemeja berlengan panjang dengan warna polos yang kalem. Untuk bawahannya dianjurkan memakai celana pensil berbahan katun street agar penampilan lebih serasi dan lebih sopan.

Kimoni Batik

Memakai baju model kimono ketika pergi ke kantor memang sudah biasa dan sudah umum dilakukan oleh para wanita kantoran. Namun umumnya mereka memakai kimono dengan desain yang polos. Untuk menyiasati pemakaian baju batik kantor dengan desain yang lebih unik dan kekinian, kinomo batik dapat dijadikan sebagai pilihan. Kimono batik akan memberikan kesan unik dan tradisional, namun tetap formal ketika digunakan ke kantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *