Tips untuk Merawat Tas Carrier

Tas menjadi salah satu perlengkapan dalam berpakaian yang wajib dibawa kemana saja karena berfungsi untuk menyimpan barang. Salah satunya adalah tas carrier. Tas ini adalah tas yang biasanya digunakan untuk mendaki gunung. Tas dengan bentuk yang tinggi ini rawan kotor karena digunakan di lintasan yang tidak menentu seperti jalan yang berdebu dan lintasan yang terkena hujan. Jenis tas yang digunakan juga oleh para backpacker ini, harus dirawat dengan langkah yang benar. Cara untuk merawat tas carrier terdapat beberapa langkah.

Pertama adalah segera keluarkan seluruh isi barang yang ada di dalam tas carrier Anda setelah Anda mendaki gunung atau melakukan perjalanan yang jauh. Bongkar seluruh barang yang ada dan lepas frame atau rangka tas kemudian balikan tas Anda sehingga bagian dalam tas Anda berada di luar dan bagian tas luar berada di dalam. Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah tas carrier yang Anda miliki rusak misalnya karena tergores suatu benda seperti pasak atau benda lainnya, atau di bagian dalam tas yang kotor sehingga perlu dicuci agar tetap bersih dan tidak mengotori barang Anda saat Anda kembali menggunakan tas tersebut.

Ketiga adalah saat Anda telah membalik tas Anda, segera goyang kan sehingga debu, rumput dan kotoran yang tertinggal di dalam tas segera hilang. Anda dapat menggunakan sikat gigi bekas atau dengan sikat debu untuk menghilangkan secara maksimal. Untuk membersihkan kotoran yang sudah mengering, Anda dapat menyikatnya dengan menggunakan sikat kain kemudian di gosokkan pada bagian noda dengan satu arah gosokkan. Perhatikan bahan tas carrier Anda karena jika salah menggunakan alat misalnya sikat, dapat mengoyak bagian dalam tas.

Cara membersihkan sesuai dengan langkah merawat tas carrier yaitu:

  • Untuk noda yang sedikit, Anda dapat menggunakan lap halus yang dibasahi dengan air yang hangat. Gosokkan satu arah di bagian tas yang terdapat noda.
  • Jika tas Anda sangat kotor, baik di bagian dalam atau bagian luar tas, siapkan air hangat dalam ember besar kemudian masukkan tas. Sikat satu arah di bagian yang terkena noda hingga noda bersih.

Langkah keempat adalah dengan mengganti air yang kotor dengan air bersih untuk membilas tas. Pastikan jika tidak ada noda yang tertinggal. Bilas kemudian peras dengan hati-hati sehingga tidak merusak bagian resleting serta tali dan tali webing ataupun klik tas. Kelima, saat Anda menjemur, jangan langsung menjemur di bawah sinar matahari karena dapat membuat warna asli tas menjadi lebih cepat pudar. Jemur dengan cara diangin-anginkan dengan posisi terbalik sehingga bagian mulut tas berada di bawah agar air cepat menetes dan membuat tas cepat mengering.

Kelima adalah dengan memasang kembali frame atau rangka tas yang sebelumnya dilepas. Pasang saat tas sudah benar-benar kering. Agar tas lebih awet, berikan kapur barus jika tas carrier tidak digunakan dalam jangka waktu lama dan simpan di tempat yang kering serta di dalam plastik sehingga tas terhindar dari debu dan jamur. Saat penyimpanan, hindari peletakan barang berat di atas tas carrier agar bentuk tas tidak berubah.

Saat merawat tas carrier, ada hal yang tidak boleh dilakukan selain menjemur langsung di bawah sinar matahari dan penyimpanan tas yang salah, yaitu:

  • Hindari penggunaan deterjen dan pemutih.
  • Jangan mencuci dengan menggunakan mesin cuci.
  • Hindari pengeringan dengan menggunakan hari dryer apalagi dengan setrika.
  • Sebaiknya tas carrier tidak basah setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *