Tips Sederhana Merawat Tas Koleksimu

Tas selalu menjadi andalan untuk membawa barang yang diperlukan saat bepergian. Karena adanya tas seseorang terbantu, dan untuk itu kita harus pintar merawat tas tersebut. Siapa sangka tas yang sangat berguna ini awalnya terbuat dari kayu yang hanya digunakan membawa batu, dan ada pula tas kulit yang khusus untuk membawa sesuatu yang sifatnya ringan.

Perkembangan tas sungguh sangat pesat, pada abad ke-14 tas mulai terbuat dari kulit sintetis dan vinyl yang sebelumnya dibuat dengan kulit yang hanya berfungsi untuk membawa makanan saja, dan mulai terdapat tambahan kancing pada abad ke-16. Setelah abad ke-17 tas mulai merambah seni rajut, tas rajutan ini umumnya berukuran kecil dan nyaman untuk di bawa kemana-mana.

Tas mulai merambah kejayaannya pada tahun 1950-an yang mulai menyapa wanita dengan merk-merk terkenal seperti Hermes, Channel dan LV. Kesan minimalis yang ditampilkan menambah pesona feminim bagi pemakainya, meski harganya juga tak bisa di anggap remeh, namun banyaknya ragam bentuk dan desain yang menawan menarik anak muda untuk segera membelinya.

Baca Juga: Kostum Kerja Sesuai Bentuk Tubuh

Tas yang cantik harus di rawat dengan benar, tidak serta merta membeli namun setelah di bawa pulang hanya di pakai dan tidak di bersihkan dan hanya disimpan di lemari. Jika seperti ini terus maka bukan hal yang mustahil tas cantik Anda akan mengelupas, dan tentu saja akan memerlukan biaya perawatan yang lebih mahal.

Untuk merawat tas sendiri, perlu untuk mengetahui jenis bahan yang di gunakan. Misalnya berbahan kulit, bedakan bahan kulit asli atau kulit sintesis karena ada perbedaan dalam merawatnya. Akan tetapi, apapun jenis tas yang di gunakan jangan sampai terpapar sinar matahari langsung dan berlebihan. Karena sinar ultra violet ini akan membuat permukaan tas retak.

Agar lebih tenang jika membeli tas, maka perlu tips berikut untuk bisa merawatnya:

  • Hindari menyimpan di lemari
    Karena kondisi tas yang berada di dalamnya akan membuat tas terlalu lembab, untuk itu lebih baik meletakkannya di tempat terbuka agar sirkulasi seimbang. Kalaupun ingin menyimpannya jangan lupa gunakan gel untuk menjaga kelembabannya.

  • Manfaatkan baking soda atau alkohol
    Untuk perawatan tas kulit asli saat terkena noda, gunakanlah alkohol atau baking soda untuk membersihkannya. Yang terpenting dalam menggunakan bahan untuk membersihkannya hati-hati dan cek terlebih dahulu apa aman untuk tas Anda, karena takut mempengaruhi warna dan kualitas tas tersebut. Rutin membersihkannya setiap 3-4 bulan sekali.

  • Jangan di bungkus plastik
    Membungkus dengan plastik akan mempercepat tas rusak karena plastik akan menimbulkan noda seperti jamur. Kalau sudah seperti itu sudah pasti sulit untuk membuat warna yang sama dengan aslinya meski dengan perawatan yang mahal.

  • Hindari air
    Jika sudah terlanjur terkena air cepat keringkan dengan kain yang memiliki bahan yang lembut, sebelum menyimpannya kembali tunggu hingga tas kering.

  • Kanebo/lap karet
    Kanebo atau lap karet bisa digunakan untuk membersihkan tas kulit sintetis.

Agar tas terlihat lebih menarik tidak ada salahnya mencoba tips sederhana tersebut, disamping tidak terlalu berat untuk melakukannya, tips tersebut bisa membuat tampilan tas Anda terjaga kualitasnya. Karena jika sudah rusak biaya untuk memperbaiki juga mahal apalagi dalam merawat tas hanya perlu membiasakan (istiqomah) dalam merawat, tidak malas agar tas tetap elok di lihat saat di pakai di berbagai acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *