Tips Merawat Tas Kulit Agar Tidak Mudah Terkelupas

Beberapa bahan tas, seperti kulit sintesis sangat rentan rusak, salah satunya adalah pengelupasan di bagian permukaannya. Hal tersebut bisa dihindari jika tas diperlakukan dengan benar dan merawat tas dengan cara yang tepat. Jika tas sudah mengelupas tentu tampilannya akan sangat buruk dan mengganggu penampilan.

Nah, berikut ini kami akan menginformasikan langkah-langkah yang tepat agar kulit terhindar dari pengelupasan.

Hindari Kontak Langsung Dengan Sinar Matahari

Agar tas lebih tahan lama hindari terkena sinar matahari langsung apalagi dalam waktu yang lama. Sinar matahari bisa merusak tas menjadi retak dan terkelupas. Untuk mencegah tas terkelupas bisa ditangani dengan lotion atau butte cream keseluruh permukaan tas. Hindari menuangkan langsung lotion ke permukaan tas, karena bisa menimbulkan noda baru. Caranya bisa terlebih dulu tuangkan ke tangan lalu gosok baru kemudian balur lotion ke permukaan tas.

Lakukan dengan memberi tekanan ringan agar lotion menyerap dengan sempurna ke lapisan tas. Lalu ambil handuk atau lap bersih yang lembut untuk meratakan lotion. Gosok hingga tidak lengket lalu keringkan dengan cara diangin-anginkan sebentar.

Hindari Tas Terkena Air

Cara merawat tas yang benar berikutnya adalah hindari tas terkena air. Tapi jika sudah terlanjur terkena air sebaiknya keringkan dengan lap kering yang teksturnya lembut. Jika dikeringkan bisa menimbulkan jamur. Nah, apabila sudah terlanjur ada jamur cara menghilangkannya bisa dengan menggosok menggunakan lap yang teksturnya lembut atau bersihkan dengan sikat halus.

Baca juga: Cara Merawat Tas Kulit Pria yang Tepat

Jika tas terbuat dari kulit, bisa menggunakan sabun atau krim pembersih khusus kulit agar warnanya menjadi mengkilat. Jadi jika tas tidak digunakn sebaiknya simpan di dalam dus penyimpanan tas, jangan lupa keluarkan isi tas. Sesekali keluarkan tas untuk diangin-angin agar tidak lembab.

Tas Terbuat Dari Plasik VS Kulit

Jangan simpan bersamaan tas kulit dan plastic, karena kedua bahan tersebut akan menempel. Bahan plastic dapat menyerap bahan pencelup warna yang terdapat pada kulit, akibatnya tas akan terkena noda dan sulit dihilangkan. Selain itu hindari menyimpan tas bertumpuk dengan barang lainnya, karena dikhawatirkan dapat tergores benda lain yang menyebabkan lapisan tas mengelupas.

Menghindari Jamur Dan Serangga

pJika tas disimpan di dalam lemari atau di dalam dus, gunakan kamper atau silicia gel untuk menghindari jamur dan bau apek karena lembab. Apabila Anda menyimpan tas di dalam lemari kayu, hati-hati dengan serangga yang sering mengganggu seperti: ngengat, tungau, rayap dll. Agar tidak diganggu serangga, caranya adalah dengan membersihkan lemari kayu yang digunakan untuk menyimpan tersebut menggunakan minyak kayu. Setelah dilap dengan cairan tersebut lalu diamkan beberapa saat agar bau tidak menyengat.

Nah, itulah tips merawat tas yang benar agar tidak terkelupas dan lebih tahan lama. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *