Tips Memilih dan Merawat Batik Kantor dengan Tepat

Tips Memilih dan Merawat Batik Kantor dengan Tepat

Sebagai orang Indonesia tentunya batik merupakan hal yang sudah tidak asing lagi. Batik merupakan baju khas asli buatan lokal Indonesia yang sudah dikenal oleh dunia. Penggunaan batik pun tidak hanya untuk acara formal seperti acara resmi dan kondangan tetapi juga sudah menjadi baju wajib saat kerja. Selain itu juga, penggunaan baju batik sudah sangat disukai dari berbagai kalangan usia, sebab itu model baju batik sudah menyesuaikan dengan tren modis. Kemeja batik bagi pria juga sudah mengikuti tren sekarang ini digunakan untuk batik kantor.

Tips Memilih dan Merawat Batik Kantor dengan Tepat

Kemeja untuk pria tentunya memiliki model yang sama hanya dari segi corak batik yang digunakan sebagai pembedanya. Beberapa tips memilih baju batik untuk pria diantaranya:

  • Ukuran, hal yang sangat penting untuk membuat pria lebih keren. Pastikan gunakan ukuran ideal yang sesuai dengan badan tanpa harus terlihat kebesaran dan kekecilan.
  • Bahan, tentukan bahan yang nyaman digunakan seperti bahan katun atau bahan sutra. Namun, biasanya bahan sutra lebih memiliki harga yang jauh lebih mahal.
  • Warna, sesuaikan dengan kegiatan yang akan diikuti. Apabila acara formal gunakan warna gelap, untuk acara biasa gunakan warna cerah.
  • Corak batik, pelajari berbagai corak batik dari berbagai daerah. Tidak ada salahnya menggunakan baju batik dengan corak batik dari daerah lain.
  • Bedakan baju batik yang kasual dan formal.

Tips-tips memilih batik kantor bagi pria diatas tentunya harus diperhatikan supaya penampilan seorang pria tetap berkelas. Menggunakan bahan katun juga tidak menjadi masalah asalkan sesuai dengan kegiatan yang akan diikuti karena bahan katun biasanya lebih murah. Selain itu juga, perhatikan produsen penjual batik. Di Indonesia produsen batik ternama sudah banyak sehingga dapat dijadikan referensi untuk dijadikan tempat pembelian baju batik.

Baca juga: Supaya Nyaman di Kantor, Pilih Kemeja Batik dengan 4 Tips Berikut!

Berikut adalah tips merawat batik diantaranya:

  • Saat mencuci menggunakan sabun pencuci khusus untuk kain batik yang banyak dijual di pasaran.
  • Dapat juga mencuci batik menggunakan shampo rambut dan sebelumnya larutkan shampo dengan air sampai tak ada bagian yang mengental.
  • Mencuci batik dapat juga menggunakan buah lerak atau daun tanaman di lem yang sudah direndam air hangat.
  • Hindari penggunaan detergen dan jangan di gosok dan sebaiknya juga jangan mencuci dengan mesin cuci.
  • Saat akan menjemurnya jangan diperas dan hindari dari sinar matahari langsung.

Untuk menjaga batik kantor maka hindari menyetrika secara langsung dan gunakan kain sebagai atasannya saat menyetrika. Saat memberi pewangi jangan memberinya langsung dan tutup menggunakan koran karena pewangi dapat merusak batik. Simpan batik alam plastik supaya batik tidak dimakan oleh ngengat dan jangan beri kapur barus yang dapat merusak batik. Beri sedikit merica dibungkus tisu di lemari tempat menyimpan batik atau letakkan akar wangi melalui proses pencelupan dalam air panas dan dijemur hingga kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *