Tips Memilih dan Membeli Batik Kerja yang Nyaman

Mungkin dahulu ketika kita mendengar kata batik, pemikiran pertama yang muncul adalah kuno. Namun saat ini batik telah diangkat ke kancah dunia sehingga menjadi salah satu ikon kebanggaan Indonesia. Saat ini batik tidak terkesan kuno karena telah didesain dengan inovasi-inovasi yang baru serta modern. Begitu pula batik telah digunakan sebagai batik kerja yang trendi namun tetap formal.

Seperti yang telah dicanangkan oleh pemerintah beberapa waktu lalu, telah diterapkan hari batik bagi para pegawai kantor yaitu setiap hari Jumat. Hal itu dilakukan agar warga Indonesia mencintai batik khas dalam negeri. Dari berbagai macam model batik yang ada, kita perlu menyesuaikan jenis batik seperti apa yang pas dengan lingkungan kerja kita sehingga nyaman digunakan serta rapi dan sopan.

Nah berikut beberapa tips memilih batik kerja yang pas dengan gaya kamu dan lingkungan kerja mu:

  1. Bila lingkungan kerja mu tidak terlalu formal dan bukan menghadiri acara yang begitu penting, Anda bisa mengenakan batik cetak atau print dengan kain katun. Bahan kain katun cukup dingin dan menyerap keringat sehingga cocok digunakan untuk sehari-hari.
  2. Untuk acara-acara formal yang sangat penting atau menemui tamu kehormatan misalnya mungkin Anda lebih baik untuk mengenakan batik tulis bisa juga dengan bahan sutera, namun bukan keharusan karena harga batik tulis sutera yang cukup mahal.
  3. Ketika memilih kain batik, pastikan tinta kain batik tidak mudah luntur. Cara mengetahuinya adalah dengan meraba tekstur pewarna pada kain tersebut apakah menempel di jari atau tidak, jika iya berarti kain tersebut mudah luntur.

Dalam membeli batik perhatikan pula harga yang dikeluarkan untuk satu baju batik. Pertimbangan dari segi harga dan kualitas sangat penting. Pandai-pandai lah menawar harga batik apalagi bila Anda membelinya tidak di mall misalnya di pasar Tanah Abang. Karena bisa jadi pedagang lain yang menjual batik sama namun dengan harga lebih murah.

Baca Juga : Cara Mudah dalam Berfashion dengan Busana Kuliah

Selain memilih bahan batik kita pasti membeli batik berdasarkan warna, corak dan modelnya. Berikut beberapa referensi corak dan model pada batik yang menarik dan cocok dikenakan saat bekerja:

  1. Batik kantor ini sangat menarik dan membuat penggunanya terlihat elegan ditambah dengan aksen peplum semakin membuat penggunanya terlihat modis.
  2.  Batik dengan kombinasi warna biru yang cerah dan putih ini bisa menjadi pilihan Anda agar tampil semangat dan ceria di lingkungan kantor Anda namun dengan kerah pada baju tidak meninggalkan kesan formal.
  3.  Batik dress ini cocok digunakan saat kesempatan formal seperti menemui pejabat penting, atau dalam event-event pertemuan formal, rapat dengan direksi dan sebagainya. Dengan model yang pas menempel di tubuh memperlihatkan siluet tubuh yang sangat indah.
  4. Batik dari kain chiffon ini juga sangat nyaman untuk digunakan, meskipun terkesan santai namun tetap sopan dan yang tidak ketinggalan adalah kesan modis ketika menggunakan baju ini.
  5. Referensi terakhir kita adalah kemeja formal ini dengan kombinasi batik warna merah dan biru yang cerah dan menarik dan cocok dikenakan pada lingkungan kerja kantor yang formal.

Nah, itulah tips memilih batik yang sesuai dengan kenyamanan kamu serta dari segi keawetan bahan batik tersebut. Juga referensi gaya berbusana batik kerja yang menarik dan cocok bagi kamu di situasi kerja. Semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat bagi Anda dalam pemilihan jenis dan model batik yang ada di pasaran. Marilah kita bersama-sama melestarikan batik Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *