Tips Memilih Batik Kantor

Sebagai warisan budaya bangsa, batik kini sudah tidak lagi hanya sekadar pakaian resmi ke undangan. Perkantoran, baik yang swasta maupun pemerintahan, sudah mulai menjadikan batik sebagai pakaian kerja resmi. Seperti apakah pakaian batik kantor yang cocok untuk dikenakan bekerja?

Ada dua jenis batik yang bisa Anda jadikan referensi

  • Batik tulis

Cara pembuatan batik yang punya nilai tinggi dan berharga mahal adalah batik tulis. Kenapa bisa mahal? Karena semua proses pembuatannya sangat mengandalkan tangan. Setiap kain batik tulis pasti tidak akan ada yang sama karena tidak ada desain yang bisa sama persis dibuat oleh tangan manusia. Pasti akan ada garis, lekukan, atau pola yang berbeda. Selain proses pembuatannya yang rumit, sebuah kain batik tulis butuh waktu pengerjaan yang lama. Motif batik tulis yang ada di Indonesia sangat dipengaruhi oleh budaya daerah sekitarnya. Batik tulis Yogyakarta dan Solo yang dipengaruhi budaya Hindu-Jawa kental dengan kombinasi warna hitam, cokelat, kuning, dan putih. Sementara di wilayah pesisir utara cenderung lebih berani. Seperti batik Cirebon dan Pekalongan yang kaya warna dengan motif yang lebih kontemporer.

  • Batik cap

Pada prinsipnya, proses pembuatan batik cap tidak jauh berbeda dengan batik tulis. Perbedaannya hanya pada alat untuk menempelkan malam ke atas lembaran kain. Jika batik tulis menggunakan canting, batik cap menggunakan semacam stempel besar yang sudah memiliki motif dan pola batik. Stempel tersebut dicelupkan kepada malam cair dan kemudian ditekan di atas kain seperti proses memberi cap di atas kertas. Cap tersebut nantinya akan membentuk rangkaian motif. Setiap motif membutuhkan cap yang berbeda. Untuk proses pengerjaan, batik cap jauh lebih cepat dari batik tulis. Untuk satu kain batik cap biasanya selesai dalam waktu 1-3 minggu.

Tips yang bisa Anda gunakan dalam memilih atasan batik kantor

  • Apa corak batik yang Anda gunakan

Tips dalam memilih corak batik :

  • Corak geometris akan memberikan kesan formal. Corak ini juga akan membantu Anda yang berpostur sedikit gemuk untuk menyamarkan postur tubuh Anda.
  • Warna-warna netral seperti cokelat, krem, atau warna gelap juga cenderung memberi kesan formal.
  • Untuk acara nonformal warna pastel atau sedikit lembut bisa dipilih. Motif flora atau fauna berwarna terang juga cocok untuk dipakai di kegiatan semiformal.
  • Motif geometris sedang atau motif klasik seperti Jlamprang dan Truntum cocok untuk dipakai di acara resmi. Sentuhan warna gelap dan terang akan membuat batik Anda terkesan mewah dan elegan.
  • Bahan akan sangat menentukan

Kenyamanan tetap harus diutamakan ketika memilih pakaian batik untuk kerja. Jika batik yang dipakai membuat tidak nyaman, maka kerja Anda pun bakal terganggu. Nah, dari beragam bahan kain batik yang tersedia, bahan yang halus seperti katun cocok untuk Anda yang memakai batik untuk bekerja. Bahan katun sangat nyaman dan sejuk ketika dipakai. Karena itu carilah batik dengan bahan katun sehingga Anda bisa tetap bekerja dengan nyaman meski mengenakan pakaian batik.Untuk urusan desain, pilih yang sederhana saja. Sehingga kesan profesional masih cukup kuat. Kalaupun perlu penambahan detail, berilah yang memberi kesan minimalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *