Tips Memilih Batik Kantor Yang Sesuai

Sebagai warisan budaya bangsa, batik kini sudah tidak lagi hanya sekadar pakaian resmi ke undangan. Perkantoran, baik yang swasta maupun pemerintahan, sudah mulai menjadikan batik sebagai pakaian kerja resmi. Seperti apakah pakaian batik yang cocok untuk dikenakan bekerja? Berikut beberapa tips untuk memilih batik kantor yang sesuai :

  • Pilih bahan yang menunjang mobilitas optimal

Bahan pakaian batik yang paling nyaman digunakan untuk bekerja adalah yang lembut dan ringan. Pilihan ini akan jatuh pada bahan berjenis katun. Dengan bahan batik yang ringan dan bisa menyerap keringat, apapun jenis kegiatan Anda, bisa dilakukan dengan tetap nyaman. Sehingga Anda pun bisa tetap bekerja secara optimal.

  • Lengan panjang atau pendek? Sesuaikan dengan aktivitas

Sebenarnya tidak terlalu bermasalah apakah akan mengenakan lengan panjang atau pendek. Yang penting, sesuaikan dengan aktivitas harian Anda. Jika memang Anda cukup banyak bergerak saat bekerja, ada baiknya memilih pakaian batik berlengan pendek. Sehingga gerakan Anda pun tidak terlalu terganggu oleh lengan yang tertutup kain. Beda jika Anda memang tidak terlalu mobile. Pakaian batik berlengan panjang masih tetap bisa membuat nyaman dalam bekerja.

  • Sesuaikan warna dengan kondisi dan lokasi kerja

Pilih warna pakaian batik yang sesuai dengan kegiatan yang Anda lakukan. Solusi paling mudah memang dengan memilih batik dengan warna netral yang fleksibel dipakai untuk kegiatan formal maupun nonformal. Warna-warna netral seperti krem dan cokelat juga akan selalu cocok dipakai untuk ke kantor. Sesuaikan warna pakaian batik dengan kondisi kantor. Soalnya ada beberapa kantor yang menentukan warna-warna tertentu untuk pakaian batik yang digunakan karyawan mereka. Khusus bagi kaum wanita yang suka mengenakan baju potongan, pastikan menggunakan warna yang senada. Gunakan juga warna cerah agar lebih menarik perhatian. Paduan warna cerah dengan warna yang lembut seperti pastel juga bisa dilakukan untuk Anda yang senang mengenakan baju potongan.

Selain memperhatikan kondisi saat memakai batik, perhatikan juga motif apa yang pas untuk batik kantor, berikut beberapa rekomendasinya :

  • Sogan kembang

Batik Sogan merupakan jenis batik yang sangat identik dengan keraton Yogyakarta dan keraton Surakarta/Solo. Kata sogan sendiri berasal dari nama pohon soga. Kayu soga menghasilkan warna yang kuning kecokelatan. Inilah yang kemudian menjadi ciri khas batik soga. Untuk batik sogan Yogyakarta biasanya didominasi warna cokelat tua-kehitaman dan putih. Sementara batik sogan Surakarta cenderung cokelat-oranye dan cokelat. Motifnya pun termasuk klasik dan biasanya digunakan para among tamu dalam pernikahan adat Jawa.

  • Sarimbit

Batik sarimbit bisa disebut sebagai batik seragam. Bisa menjadi tanda bahwa pasangan yang memakai batik sarimbut punya hubungan yang harmonis. Batik sarimbit juga diidentikan dengan pasangan yang kompak dan sehati. Bisa dibilang batik sarimbit adalah sarana dalam mengikat hati pasangan. Untuk memilih batik sarimbit ternyata tidaklah mudah. Karena melibatkan dua kepala dan dua selera yang berbeda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *