Tips Memilih Batik Kantor Pria Dan Wanita

Saat ini pegawai negeri sipil maupun pegawai swasta diwajibkan menggunakan batik kantor pada hari-hari tertentu. Tidak hanya pegawai pria saja yang harus menggunakan batik, para wanita pun diwajibkan menggunakan batik. Memilih batik untuk ke kantor sebenarnya gampang-gampang sulit.

Pasalnya semua orang tidak hanya ingin tampil formal saja, namun terlihat menawan dengan baju batik yang digunakan saat kerja. Dengan begitu banyaknya model, bahan dan warna kain batik, semakin bingung kita memilihnya. Di sinilah pentingnya ketelitian dan kecermatan dengan mempertimbangkan beberapa aspek. Nah, supaya tidak salah beli batik untuk ke kantor, ikuti panduan memilih batik kantor berikut ini:

Memilih Bahan

Walaupun sudah banyak pilihan bahan kain batik dipasaran, sebaiknya untuk busana kerja menggunakan bahan katun. Mengapa harus katun? Karena bahan katun adem dan mampu menyerap keringat. Agar busana kantor tetap rapih dan tegas, bisa gunakan tambahan pelapis dalam atau superlining.

Memilih Batik Kombinasi

Sekarang Anda bisa menemukan batik kombinasi dengan desain yang menarik, membuat gaya berbusana Anda menjadi terlihat lebih modern dan tidak kaku. Anda bisa memilih kombinasi warna batik yang berwarna gelap atau warna-warna pastel dengan corak geometris. Kombinasi batik bisa membuat tampilan saat bekerja terlihat lebih rapih dan simple.

Memilih Sesuai Ukuran Tubuh

Sama halnya dengan memilih pakaian pada umumnya, memilih batik untuk kerja juga harus disesuaikan dengan ukuran tubuh. Setiap orang memiliki bentuk dan ukuran tubuh yang berbeda-beda, ada yang gemuk, kurus, tinggi, pendek atau sedang. Menggunakan batik yang sesuai dengan bentuk tubuh bisa menyamarkan bagian tubuh yang dianggap kurang proposional. Misalnya jika tubuh Anda gemuk bisa gunakan batik dengan motif vertikal. Motif tersebut bisa membantu menyamarkan perut buncit terlihat lebih langsing. Apabila tubuh Anda kurus dan ingin terlihat lebih berisi, bisa gunakan batik motif horizontal dengan warna-warna cerah.

Perhatikan juga ukuran motif batik dan sesuaikan dengan proporsi bentuk tubuh Anda. Misalnya: jika tubuh Anda mungil bisa gunakan baju batik dengan motif yang ukurannya sedang, sehingga tubuh Anda terlihat lebih proposional. Sedangkan untuk yang badannya gemuk bisa gunakan batik motif gemotris yang ukurannya sedang.

Aksen Batik

Menggunakan batik sebenarnya tidak perlu menambah aksesoris, karena motif batik sudah sangat menonjol. Namun jika Anda ingin menggunakan aksesoris sebaiknya pilih yang simple dan tidak terlalu berlebihan. Misalnya: gelang yang warnanya sesuai dengan warna batik.

Kombinasi Batik Dengan Bawahan

Sekarang sudah ada model batik terusan yang cocok untuk kerja, namun jika batik berupa baju atasan maka harus dipadukan dengan bawahan yang formal juga. Untuk wanita bisa memadukan batik kantor dengan bawahan rok atau celana katun yang polos. Begitupun dengan pria, Anda bisa padukan batik dengan bawahan celana katun dengan tambahan ikat pinggang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *