Sisi Negatif Dan Positif Tentang Fashion Update Di Kalangan Remaja Indonesia

Produk – produk fashion baik dari dalam maupun luar negeri sangat berpengaruh yang besar di kalangan remaja. Produk fashion tersebut meliputi baju, celana, dress, rok dan produk lainnya. Fashion seolah – olah telah menjadi ciri khas dan kepribadian mereka, terutama bagi remaja apalagi perempuan. Padahal makna sebenarnya dari fashion yaitu, bersifat unik dan berani untuk tampil beda.  Namun pengertian tersebut telah bergeser dan malah membuat generasi penerus menjadi suka meniru ciri khas orang lain demi menjadi supermodel. Berikut ulasan sisi negatif dan positif tentang fashion update di kalangan remaja indonesia :

baca juga: 4 Cara Mencari Rujukan Trend Fashion Terkini

Dampak Negatif Fashion :

  • Jati Diri

Ketika para remaja mengikuti trand atau fashion update saat ini, berarti mengindikasikan bahwa remaja tersebut telah terpengaruh oleh busana fashion yang berkembang saat ini. Tidak hanya mengejar popularitas dan eksistensi di masyarakat bahwa mereka adalah sekumpulan remaja trendy.

  • Pemborosan

Tak sedikit para remaja menghamburkan uangnya demi mengejar fashion yang sedasng berkembang. Mulai dari tas,celana,jacket,blazer, dan sebagainya yang ber merk dan sangat mahal. Padahal jika di koreksi lagi, hal itu malah justru membuat mereka menjad konsumtif dan boros, masih ingat kah kalian dengan istilah hedonis atau konsumerisme?

  • Tekanan

Akibat terjadinya banyak bullying, seperti banyak yang mengecap jadul terhadap remaja yang tidak bisa mengikuti fashion update pada jamannya. Yang berakibat terjadinya depresi dan dijauhi oleh remaja lainnya dan tidak percaya diri terhadap penampilannya.

Dampak Positif Fashion :

  • Jati Diri

Sebenarnya, jika kita bisa mengambil sisi positif dari fashion update sekarang, model – model fashion yang terbaru membuat para remaja yang memakainya menjadi tambah lebih percaya diri, terlihat kreatif, dan unik. Bahwa mereka merasa tampil berbeda dengan yang lainnya. Remaja yang mampu menilai fashion dari sisi positif adalah kepribadiannya sendiri dan tidak harus mengikuti trend atau fashion update terkini.

  • Mampu Berhemat

Para remaja yang bisa berfikir positif tidak perlu membeli produk – produk fashion branded atau terkesan dengan harga mahal yang hanya bisa membuat mereka menjadi sosok yang unik. Tidak perlu mengeluarkan biaya banyak jika masih bisa membeli harga yang murah ataupun grosir. Karena yang mereka butuhkan hanya kreativitas sendiri yang akhirnya menciptakan fashion mereka sendiri yang terlihat indah dan bagus, yang paling penting yaitu unik dan berkarakter.

  • Be Confident

Fashion bagi remaja yang berfikir positif bukan masalah produk yang dibuat designer terkenal dan terkesan harganya mahal. Hal ini akan membuat mereka lebih nyaman dalam memakai busana hingga akhirnya mnjadi lebih percaya diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *