Merawat Tas Sesuai Bahannya

Bagi banyak orang, tas merukapan sebuah fashion yang wajib dimiliki. Terutama bagi para wanita akan lebih percaya diri ketika mereka membawa tas saat mengunjungi sebuah acara, seperti pesta, kondangan, rapat dan lain sebagainya. Dulu mungkin memiliki satu tas itu sudah cukup. Namun sekarang, karena tuntutan fashion yang tiada habisnya, para wanita bisa memiliki tas lebih dari satu. Hal tersebut karena tas bukan lagi sebagai tempat primer untuk membawa barang, melainkan sebuah aksesoris atau pelengkap fashion agar tampak terlihat cantik dan modis. Memiliki lebih dari satu tas dengan berbeda bahan, tentu kita harus paham juga cara merawatnya, agar tas tetap layak digunakan dan tidak mudah rusak ataupun warnanya menjadi pudar. Berikut adalah informasi cara merawat tas dan membersihkan tas dari berbagai macam bahan.

Cara membersihkan tas denim

Tas berbahan dasar denim tentunya lebih mudah dirawat dibanding jenis tas dari bahan lainnya.
Biasanya tas denim dapat dicuci setiap 3 bulan sekali, dan jika tas berbahan dry denim maka ketika dicuci warnanya akan fading dan tentunya membuat tas semakin menarik dilihat karena ada efek fading. Cara membersihkannya adalah :

  • Jangan menggunakan deterjen apapun dalam mencuci tas denim. Anda cukup gunakan air biasa untuk mengelap tas.
  • Dalam mencuci tas denim cukup dibilas dengan tangan, dan jika ada noda yang kotor dapat anda sikat dengan menggunakan sikat yang halus.
  • Setelahnya keringkan dibawah sinar matahari yang tidak terlalu terik.

Cara membersihkan tas kanvas

Tas berbahan kanvas adalah tas yang paling umum ditemui di pasaran. Merawat tas berbahan dasar kanvas tentunya mudah, tapi tentunya perlu perhatian khusus agar warna tas kanvas anda tidak pudar. Berikut adalah cara membersihkan tas kanvas :

  • Keluarkan semua barang yang ada di tas kanvas anda, dan pastikan tidak ada barang yang tertinggal.
  • Ambil wadah berisi air dan basahi kain atau busa untuk digunakan mengelap permukaan tas yang kotor.
  • Gosok permukaan tas kanvas anda dengan lembut, sehingga tas menjadi lebih bersih.
  • Jika ada noda pada tas, hal tersebut bisa dihilangkan dengan menggosokan busa yang dituangkan sabun cair seperti sabun cuci piring atau detergen tapi sedikit saja.
  • Setelah selesai menggosok, bilas tas kanvas anda dengan air mengalir untuk menghilangkan noda-nodanya.
  • Jemur tas ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung agar warna tas tetap terjaga.

Cara membersihkan tas kulit asli

Membersihkan tas kulit asli dibutuhkan perawatan yang berbeda dari tas lainnya. Selain butuh waktu ekstra, perawatannya juga tidak bisa sembarangan, dan harus dilakukan dengan hati-hati. Bahan tas dari kulit asli tentunya harus disimpan ditempat yang tidak pengap dan lembab. Hindari menggunakan pembersih sintetis yang mengandung minyak. Gunakan spons atau kain microfibre. Anda juga dapat memakai semir khusus tas kulit yang ditujukan agar tas kulit asli tidak mudah lembab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *