Merawat Tas Kulit Wanita Dari Jamur

Udara yang lembap mengandung tingkat kelembapan dan konsentrasi air yang cukup tinggi. Udara yang lembab menjadi salah satu penyebab tas kulit wanita menjadi mudah berjamur. Jamur ini bisa merusak keindahan tas. Tak hanya itu jamur juga bisa merusak subtrat bahan kulit yang digunakan untuk tas kulit. lalu bagaimana cara merawat tas kulit wanita dari serangan jamur? Untuk membersihkan tas kulit guna mengatasi jamur pada tas kulit wanita berbeda dengan kulit manusia. Mungkin anda berpikir bahwa tas kulit merupakan bahan yang lebih awet ketimbang material lainya. Meskipun begitu, perawatan tas kulit wajib dilakukan agar tidak mudah timbul jamur, noda dan berbagai hal yang merusak tas kulit. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merawat tas kulit :

Baca juga: Merawat Tas Wanita Berbahan Kulit

  1. Jika anda akan merawat tas kulit dengan produk tertentu, tes produk tersebut pada bagian kecil dari tas. Misalnya pada pojokan atau lipata tas yang tidak terlihat
  2. Jangan menggunakan tisu untuk membersihkan atau merawat tas kulit. gunakan spon atau kain bersih yang berbahan lembut.
  3. Jauhkan juga dari bahan kimia seperti detergen, silikon, cairan atau bahkan semir yang biasa ditemui dipasaran.

Tas kulit wanita akan mudah kotor jika sering digunakan. Umumnya orang membersihkan tas kulit dengan menggunakan detergen. Padahal seperti kita ketahui diatas bahwa bahan kimia seperti detergen justru perlu dihindari agar menjaga tas kulit tetap awet dan tahan lama. Mengapa detergen perlu dihindari untuk merawat tas kulit? detergen meninggalkan residu sabun yang bisa menutup pori-pori tas kulit. Akibatnya tas kulit yang dibersihkan dengan detergen justru mudah kering dan pecah-pecah. Tas kulit yang sering dibersihkan akan terhindar dari jamur. Namun jika tas kulit anda terlanjur berjamur, berikut ini cara mengatasi jamur pada tas kulit wanita dengan mudah dan praktis :

  1. Pertama, baca petunjuk perawatan tas kulit anda. Umumnya petunjuk ini terdapat pada bagian dalam tas kulit. jika tidak ada, yang penting anda tidak mencucinya dengan cara mengguyur dengan air secara langsung.
  2. Buatlah campuran air bersih dengan sabun bayi atau shampoo bayi atau cairan khusus untuk pembersih tas kulit, gunakan perbandingan 8:1 untuk air dan sabun
  3. Semprotkan pada kain atau spon bersih atau microfiber. Jangan menyemprotkan langsung pada noda. Hal ini justru membuat semua area tas kulit menjadi basah.
  4. Bersihkan noda secara searah serat bahan tas kulit.
  5. Setelah nodanya hilang, biarkan tas kulit mengering secara alami. Jangan dijemur dibawah terik matahari secara langsung.

Demikian beberapa tips cara merawat tas kulit wanita dari jamur, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *