Merawat Sepatu Kulit

Merawat Sepatu Kulit – Perkembangan fashion mengarah juga pada semakin banyaknya model sepatu untuk pria dan wanita. Banyaknya pilihan tersebut, memungkinan kita memilih sesuai dengan selera dan kebutuhan. Selain itu beragam bahan model sepatu terbaru bisa Anda pilih, salah satunya adalah sepatu dengan bahan kulit.

Dari dulu hingga sekarang tren sepatu bahan kulit mengalami perkembangan dan semakin banyak diminati oleh banyak kalangan. Hal tersebut karena sepatu kulit memiliki kelebihan dan keunggulan. Jika membeli sepatu mempertimbangkan kualitasnya Anda bisa memilih kulit asli, namun tentu saja harganya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan kulit sintesis.

Kelebihan Sepatu Kulit

Karena kulit asli harganya mahal, para pengrajin mensiasatinya dengan membuat sepatu dari bahan  kulit campuran. Harganya lebih murah, masalah model sepatu terbaru bahan campuran tidak kalah keren dengan kulit yang asli. Ada beberapa kelebihan sepatu dari bahan kulit, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memperkecil resiko terkena alergi, karena kulit asli memiliki sifat alami sehingga tipis kemungkinan terkena alergi atau iritasi kulit.
  2. Kelebihan kulit asli dibandingkan dengan yang imitasi adalah lebih tahan lama dan kuat. Apalagi jika jenis kulit yang digunakan memiliki kualitas yang tinggi, itu sebabnya mengapa sepatu kulit asli harganya lebih mahal.
  3. Sepatu dari bahan kulit asli karakternya lebih lembut dan tidak kaku. Bahkan seiring pemakaiannya membuat lebih lentur dan lemas.

Perawatan Sepatu Kulit

Agar kualitasnya tetap terus terjaga sepanjang waktu, maka penting melakukan perawatan yang benar. Berikut cara merawat sepatu kulit agar tetap awet dan kuat.

  1. Untuk mencegah kerutan atau retak-retak bisa tambahkan lapisan khusus. Biasanya masalah tersebut sering muncul pada jenis kulit imitasi. Anda juga bisa menambahkan lapisan pada bagian heels sepatu agar tidak mudah aus dan tidak cepat rusak.
  2. Kelemahan sepatu kulit adalah mudah terkelupas bagian luarnya. Hal tersebut bisa disebabkan karena beberapa faktor, misalnya: cara merawat, menyimpan yang salah, faktor usia dsb. Penyebabnya karena lapisan kulit terlalu kering. Untuk menghindari hal tersebut, caranya bisa menggunakan lotion khusus untuk sepatu. lotion membantu kulit dalam kondisi lentur dan menghindari terkelupas karena kering.
  3. Setelah melakukan perawatan dengan benar, maka penting melakukan hal lainnya seperti: menyimpan sepatu dalam kondisi terbungkus rapih, bisa disimpan di dalam wadah atau dus sepatu. hal tersebut dilakukan untuk mencegah sepatu terkena debu yang menempel di bagian luar. Selain itu letakkan sepatu di tempat yang tidak terkena matahari langsung.
  4. Agar terhindar dari tumbuhnya jamur, sesekali keluarkan sepatu untuk diangin-angin. Hindari penyimpanan di tempat yang lembab.

Dengan perawatan yang benar membuat sepatu Anda tetap terlihat baru dan awet. Apapun bahan model sepatu terbaru Anda wajib untuk dijaga dan dirawat dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *