Merawat Sepatu Bahan Kulit Asli dan Sintesis

Ada banyak sepatu bahan kulit yang ada di pasaran, namun tidak semua bahan kulit yang digunakan asli. Ada juga sepatu yang terbuat dari bahan sintesis atau kulit buatan. Karena perbedaan tersebut maka cara merawat sepatu kulit pun berbeda-beda, tergantung jenis kulit yang digunakan.

Kulit Sintesis dan Cara Merawatnya

Kulit sintesis atau synthetic leather adalah bahan sepatu yang terbuat dari campuran berbagai macam bahan kimia. Dari tampilannya sepatu sintesis terlihat seperti kulit, mengkilat. Namun sebenarnya tidak ada bahan kulit yang digunakan. Bahan sintesis banyak digunakan oleh produsen karena bahannya mudah didapat dan lebih murah.

Cara perawatan sepatu bahan kulit sintesis hampir sama dengan perawatan kulit asli. Merawat sepatu ini perlu perhatian khusus agar tidak mudah rusak dan lebih awet. Berikut adalah perawatan sepatu bahan kulit sintesis:

  • Bersihkan sepatu dari kotoran dan debu yang menempel dengan menggunakan sikat.
  • Sebaiknya hindari membersihkan sepatu dengan cara dicuci menggunakan sabun ditergen dan air karena bisa merusak bahan sepatu tersebut.
  • Jika ada noda atau kotoran yang menempel cukup di lap saja menggunakan lap basah.
  • Jika sudah bersih, segera keringkan di tempat yang sejuk. Hindari mengeringkan sepatu di bawah sinar matahari langsung.
  • Setelah kering, simpan sepatu di dalam kotak sepatu yang sudah di beri silica gel.

Sepatu Kulit Asli dan Cara Merawatnya

Sepatu dengan bahan kulit terasa lebih nyaman saat digunakan. Dari segi kualitas, sepatu bahan kulit lebih bisa dipercaya karena teksturnya halus dan dijamin lebih kuat dibandingkan dengan sepatu dari bahan kulit sintesis. Itu sebabnya sepatu dari bahan kulit asli harganya lumayan mahal.

Bahan kulit yang biasa digunakan untuk pembuatan sepatu adalah kulit domba, sapi dan kuda. Walaupun bahan kulit lebih kuat dan tahan lama, tetap perlu diperhatikan perawatannya agar kulitnya tetap terjaga.

Berikut ini adalah cara merawat sepatu bahan kulit yang baik dan benar:

  • Jika sepatu tidak digunakan, simpan di dalam plastic lalu masukkan ke dalam kotak sepatu yang sudah diberi silicia gel.
  • Agar kulit sepatu terjaga kelembabannya bisa oleskan moisturizer atau handbody.
  • Setelah menggunakan sepatu sebaiknya bersihkan sepatu dari kotoran dan debu yang menempel.
  • Cara membersihkannya bisa menggunakana air dengan bantuan lap yang halus dan bersih. Bersihkan sepatu dengan cara mengusap pelan-pelan. Lalu lanjutkan membersihkan dengan lap kering hingga tidak ada lagi air yang menempel pada permukaan kulit.

Jika akan menjemur sepatu, sebaiknya di tempat yang sejuk dan tidak langsung terkena sinar matahari. Saat di simpan di dalam kotak, kondisi sepatu harus dalam keadaan benar-benar kering.

Adapun penggunaan silicia gel dalam merawat sepatu adalah untuk mengatur kelembaban dan mengurangi kadar air. Selain itu silicia gel bisa menjauhkan sepatu dari serangga, seperti: kecoa, semut dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *