Kesalahan dalam Memilih Kostum Kerja yang Terkadang Tidak Disadari

Bekerja merupakan salah satu kewajiban bagi setiap orang karena dengan bekerja, seseorang dapat memperoleh penghasilan. Dalam bekerja, Anda tentunya harus menggunakan dress code atau seragam sesuai dengan peraturan perusahaan atau tempat Anda bekerja. Beberapa menerapkan seragam sebagai baju kerja namun beberapa seperti perusahaan swasta memberlakukan untuk mengenakan pakaian formal ataupun informal, sesuai dengan peraturan. Namun, seringkali pegawai salah mengenakan kostum kerja baik disadari atau tidak sehingga terkadang menjadi pembicaraan orang lain atau harus menahan malu.

Kesalahan pertama adalah Anda terlalu memperhatikan penampilan tanpa mempertimbangkan kondisi lingkungan tempat Anda bekerja. Seringkali kesalahan seperti ini terjadi karena ingin selalu terlihat menarik padahal ruangan atau tempat Anda bekerja menggunakan AC dengan suhu yang cukup tinggi karena berbagai macam alasan atau bekerja di tempat yang terlalu panas. Akibatnya, badan Anda menjadi tidak terjaga dengan baik dan membuat Anda menjadi sakit. Jika Anda berada di ruangan yang ber-AC, pastikan jika pakaian kerja Anda tidak membuat tubuh Anda menggigil atau jika bekerja di ruangan atau di lingkungan yang panas, pastikan jika pakaian tidak membuat badan Anda menjadi semakin bertambah panas.

Kedua adalah menggunakan pakaian yang tidak sesuai dengan postur tubuh. Pemilihan kostum kerja sebaiknya sesuai dengan postur tubuh sehingga terlihat lebih menarik. Terdapat beberapa cara memilih pakaian bekerja sesuai postur, yaitu:

  • Tubuh mungil: Perhatikan bagian leher dan sebaiknya menggunakan kemeja dengan detail V neck agar terlihat lebih tinggi. Jangan memilih pakaian yang terlalu besar atau terlalu kecil dan sebaiknya pilih kemeja dengan lipatan atau layers yang mendetail sehingga membuat tubuh Anda terlihat berisi.
  • Tinggi kurus: Hindari penggunaan baju dengan v-neck yang terlalu memperlihatkan tulang Anda agar tidak terlihat semakin kurus. Anda Dapat menggunakan baju agak longgar, pakaian berenda ataupun juga ikat pinggang kecil untuk memberikan sentuhan lekukan tubuh.
  • Gemuk: Pilih baju dengan v-neck sehingga membuat leher semakin lebih panjang. Pilih baju kerja yang pas dan dipadukan dengan rok selutut untuk memberikan kesan agar terlihat lebih tinggi.

Baca juga: Kostum Kerja Sesuai Bentuk Tubuh

Ketiga adalah menggunakan pakaian kerja sleeveless atau tanpa lengan. Beberapa orang tidak mempersalahkan ini namun di Indonesia yang memiliki iklim tropis, baju tanpa lengan justru akan memperlihatkan ketiak Anda yang mungkin saja berkeringat karena Anda bekerja dengan aktif. Namun, Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan blazer atau outer lainnya sehingga tidak terlalu menampilkan ketiak atau lengan Anda yang bergelambir.

Keempat adalah hindari pemilihan baju yang terlalu longgar ataupun terlalu tipis atau transparan sehingga membuat tali pakaian dalam Anda terlihat atau keluar. Penggunaan baju yang terlalu longgar tanpa menggunakan dalaman dapat membuat pakaian dalam Anda terlihat saat Anda membungkuk ataupun bergerak. Sedangkan menggunakan baju yang tipis, ataupun slevess memungkinkan tali bra Anda terlihat bahkan jatuh di lengan bagian atas Anda.

Kesalahan lainnya dalam memilih kostum kerja yang terkadang tidak disadari yaitu:

  • Menggunakan rok yang terlalu pendek walaupun rok tersebut bukan rok spans namun di Indonesia, rok terlalu pendek dianggap kurang pendek. Setidaknya Anda menggunakan rok 5 cm diatas lutut sehingga tetap memberikan kesan yang profesional.
  • Kemeja dengan potongan leher terlalu rendah atau kemeja yang terlalu pas di badan sehingga menampilkan lekuk tubuh Anda.
  • Memilih pakaian dengan bahan yang kurang nyaman digunakan dan kurang dapat membuat Anda bergerak dengan bebas misalnya dengan rok pensil padahal Anda tidak terlalu terbiasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *