Hal Penting dalam Mencuci Sepatu

Sebagai alas kaki yang melindungi sekaligus mengkondisikan kaki senantiasa baik-baik saja, sepatu tentu perlu dirawat. Dimana dalam pemeliharaan bersangkutan dapat diupayakan dengan beragam cara, sedari penggunaan yang benar, penyimpanan secara tepat hingga pencucian sebagai tahap pembersihan menyeluruh. Mencuci sepatu merupakan sebuah treatment dimana alas kaki akan dibersihkan secara maksimal, dari unsur kotor yang kecil sampai besar sekalipun. Mencuci alas kaki inipun bukanlah hal yang sulit, namun demikian, sudahkah cara pilihan yang Anda miliki sudah benar?

Mencuci sepasang sepatu memang cenderung mudah, akan tetapi perlu diperhatikan betul-betul agar tidak memicu adanya kesalahan. Begitu pun dengan beberapa hal penting berikut dalam pencucian sepatu kesayangan, yakni:

  • Kenali terlebih dahulu karakteristik sepatu, karena ada yang dapat dicuci secara keseluruhan dan ada pula di sebagian saja.
  • Persiapan bahan pencuci yang tepat seperti detergen, sikat, dan lainnya.
  • Pastikan pencucian sepatu secukupnya saja, tak perlu berlebihan agar nantinya tak memicu kerusakan.
  • Pilih area pengeringan yang alami yakni dari sinar matahari, bisa dipilih tempat yang panas namun tidak bertatapan dengan panas mentari secara langsung.
  • Lakukan pencucian secara berkala agar senantiasa mengkondisikan adanya kebersihan pada sepatu.

Saat digunakan secara berkala maupun di setiap hari, sepatu sama-sama memerlukan perawatan yang rutin. Mencuci alas kaki itu sendiri adalah salah satunya yang dapat diterapkan secara berkala saja atau saat sepatu telah kotor. Akan tetapi, pencucian sebaiknya dilakukan setidaknya satu mingu sekali. Meskipun terbilang belum begitu kotor, tetaplah harus dicuci, karena tak hanya unsur kotor saja yang perlu dihilangkan. Aroma tak sedap akibat keringat yang bercampur dengan bakteri tentu menjadi sebuah permasalahan tersendiri bagi sepatu dan penggunaannya pun jadi kurang nyaman. Melalui pencucian itu pulalah nantinya

Baca Juga : Memilih Dress Pesta yang Sesuai Untuk Tubuh Pendek

Dalam prosesnya, terdapat beberapa kesalahan yang seringkali terjadi namun kurang disadari, jadinya membuat umur alas kaki tersebut kian berkurang secara lebih cepat. Adapun beberapa hal yang harus dihindari selama mencuci sepatu itu ialah sebagai berikut:

  • Pencucian dengan mesin cuci begitu pula dengan pengeringannya.
  • Proses penjemuran di bawah sinar matahari secara langsung dalam waktu begitu lama, hingga sepatu tampak begitu kering sekali.
  • Menyikat pada sudut sepatu dengan keras, karena memicu kerusakan pada permukaan alas kaki itu sendiri.

Tentu saja tak ingin bilamana sepatu kesayangan rusak dengan lebih cepat, bukan? Karena itulah, mencuci juga harus berhati-hati dan tak sekedar mencuci saja, sebab ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain mencuci, terdapat treatment lain dalam menjaga sepatu agar tak mudah bau, yang mana aroma tak sedap menjadi salah satu sebab dimana sepatu harus dicuci, yakni:

  • Selesai memakai sepatu, pisahkan kaos kaki yang tidak disimpan di dalam pada sepatu tersebut. Perihal ini dikarenakan akan memicu pertumbuhan keringat dan bakteri yang menjadi aroma tak sedap itu.
  • Simpan sepatu di tempat yang aman seperti di rak khusus sepatu.
  • Pastinya tata letak sepatu tidak berhimpitan dengan sepatu lain, agar tidak merusak desain ataupun bentuk alas kaki itu sendiri.

Mengkondisikan alas kaki kesayangan tentu sebuah keharusan tersendiri yang nantinya berdampak pada usia sepatu yang lebih lama. Terlebih memang awet tidaknya sepatu dapat dipengaruhi oleh beberapa hal dan salah satunya ialah dengan mencucinya. Prosedur mencuci sepatu itupun terlihat simple, namun tetap harus dikondisikan dengan baik. Hingga nantinya, pencucian tak hanya mengilangkan aroma tak sedap serta unsur yang mengotori sepatu saja, tetapi juga merawat sepatu itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *