Ciri Busana Kuliah yang Baik

Dunia perkuliahan tentunya sangatlah berbeda dengan dunia sekolah. Saat kuliah, mahasiswa memiliki tanggung jawab yang lebih besar daripada anak SMA. Banyak perbedaan antara anak sekolah dengan anak kuliah, seperti pelajarannya, waktu belajarnya, pergaulannya, juga pakaian yang dikenakan. Jika saat SMA, murid menggunakan seragam yang bentuknya sudah ditentukan oleh sekolah. Maka untuk mahasiswa, busana kuliah yang digunakan tidaklah seragam atau bebas. Meski begitu pakaian untuk kuliah yang baik tetap tidak boleh sembarangan dan harus sesuai etika . Apa saja ciri busana untuk kuliah yang baik? Berikut ini ulasannya:

  1. Kaos Berkerah

Jika menggunakan kaos, aturan yang berlaku di dunia perkuliahan adalah menggunakan kaos yang memiliki kerah atau polo shirt. Hal ini berlaku baik untuk laki-laki maupun perempuan . Meski begitu, tidak semua kampus memperbolehkan penggunaan kaos polo atau kaos berkerah di area kampus.

  1. Kemeja atau Blouse

Untuk lebih formal, para mahasiswa sebaiknya menggunakan kemeja, sedangkan untuk mahasiswi menggunakan blouse. Bahan yang digunakan pun bisa berbahan katun, atau bisa juga baju berbahan batik. Saat ini sudah banyak padu padan penggunaan kain batik untuk baju cantik dan menarik, sehingga tak perlu malu lagi untuk menggunakan baju batik untuk pergi ke kampus.

  1. Sopan

Busana kuliah hendaknya harus sopan, dan sesuai norma yang ada. Jangan mengenakan celana robek atau baju yang menerawang untuk perempuan. Jangan menggunakan baju yang terlalu seksi, karena kampus adalah tempat untuk belajar dan menuntut ilmu, bukan untuk ajang pamer baju-baju terbaru. Apabila mengenakan celana jins, pilih yang sopan, tidak terlalu seksi, dan juga tidak robek. celana robek meskipun sedang tren hendaknya digunakan untuk jalan-jalan atau nongkrong bersama kawan bukan untuk pergi ke kampus.

  1. Bersih

Adakalanya mahasiswa memiliki banyak tugas untuk presentasi, sehingga bingung dalam membagi waktu, salah satunya untuk mencuci baju. Hal ini tentunya jangan dibiasakan, sepadat apapun jadwal kuliah, hendaknya harus memiliki waktu untuk mencuci baju, apabila memang tidak ada waktu untuk mencuci, bisa dnegan membawa baju-baju kotor ke tukang laundry dengan sistem kiloan yang lebih murah. Rutinitas mencuci baju jangan dianggap sepele, karena hal ini bisa berimbas pada baju-baju yang harus dikenakan saat kuliah. Baju kuliah haruslah bersih, rapi, dan wangi, karena baju yang kotor selain tidak sehat, tentunya akan menimbulkan bau tidak sedap yang akan menganggu mahasiswa lainnya. Oleh karena itu, kebersihan baju kuliah harus diperhatikan, sebagai mahasiswa tentunya haruslah bertanggung jawab, termasuk pada diri sendiri.

Busana kuliah yang baik haruslah memenuhi kriteria atau ciri yang telah disebutkan di atas, mahasiwa harus bisa menggunakan pakaian yang baik, karena kewibawaan seseorang bisa dilihat dari pakaian yang dikenakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *