Cara Mudah Merawat Sandal Jepit Agar Bisa Lebih Awet

Cara Mudah Merawat Sandal Jepit Agar Bisa Lebih Awet

Sandal jepit merupakan salah satu jenis alas kaki yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Desainnya yang simpel dan datar membuat alas kaki yang satu ini cukup mudah dan nyaman untuk digunakan. Umumnya sandal yang satu ini terbuat dari bahan karet yang cukup elastis dan lentur. Seringnya digunakan untuk menemani kegiatan santai atau sekedar untuk berjalan-jalan di tempat yang berair, seperti pantai, dlsb. Sandal yang bersih dan terawat tentu akan lebih nyaman digunakan untuk kegiatan. Untuk itu Anda harus rajin membersihkannya agar terhindar dari kuman bakteri dan lebih awet saat digunakan.

Cara Mudah Merawat Sandal Jepit Agar Bisa Lebih Awet

Sandal yang satu ini memang sering digunakan untuk aktivitas out door. Sehingga tak jarang sandal menjadi lebih cepat kotor saat digunakan sebagai alas kemana-mana. Selain itu paparan sinar matahari selama berada di luar ruangan juga bisa menyebabkan sandal menjadi lebih cepat rusak. Meskipun jenis sandal yang satu ini terbilang sangat murah untuk mendapatkannya, namun alangkah lebih baiknya Anda tidak menyepelekan perawatannya karena berpikir bisa menggantinya dengan yang baru. Karena hal ini secara tidak langsung merugikan diri Anda sendiri. Sandal yang bersih dan terawat tentu akan lebih enak dipandang juga lebih menguntungkan untuk Anda sendiri. Anda bisa terhindar dari kuman dan bakteri, namun juga bisa menjaga keawetannya sehingga tidak harus mengeluarkan uang untuk terus-menerus membelinya.

Untuk merawat sandal jepit terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini untuk perawatan sandal kesayangan Anda:

  • Membersihkan dengan air mengalir.

Anda bisa membersihkan sandal yang kotor dan berdebu di bawah aliran air yang mengalir sambil menyikat pada bagian bawah atau telapak sandal. Anda bisa menggunakan sikat yang biasa digunakan untuk mencuci pakaian yang halus atau menggunakan sikat gigi bekas. Cara ini akan memudahkan Anda saat membersihkan sebagian besar kotoran pada sandal.

  • Membersihkan dengan sabun.

Bersihkan secara rutin sandal yang Anda pakai agar kotoran tidak semakin membandel dan menimbulkan jamur. Pergunakan sabun yang lembut (non detergen) dan gosok pada bagian yang dirasa masih kotor jika setelah dibersihkan dengan air mengalir. Sikat pada bagian yang kotor kemudian bilas kembali di bawah air mengalir.

  • Pengeringan.

Setelah selesai dicuci, Anda bisa mengeringkan sandal dengan menggunakan kain yang mampu menyerap air dengan baik atau dengan cara mengangin-anginkannya. Hindari menjemur sandal di bawah terik matahari secara langsung karena bisa menyebabkan sandal tidak awet.

Baca juga Tips Memilih Sandal Gunung yang Awet

  • Penyimpanan.

Agar sandal jepit Anda awet, simpanlah di tempat khusus, seperti laci atau rak khusus sandal. Jangan lupa berikan kertas koran atau bahan lain untuk menjaga bentuk sandal tidak berubah. Pergunakan juga silica gel atau kapur barus untuk menjaga kelembabannya dan menghindarkan dari gangguan serangga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *