Cara Merawat Tas Kulit Agar Tidak Mudah Mengelupas

Cara Merawat Tas Kulit Agar Tidak Mudah Mengelupas

Tas merupakan salah satu aksesoris yang wajib dimiliki oleh setiap orang, baik pria maupun wanita. Ada banyak jenis tas yang ada pada saat ini, salah satunya yaitu tas kulit yang terbuat dari kulit asli maupun kulit sintetis. Agar tas kulit kesayangan Anda tidak mudah mengelupas dan tahan lama, Anda harus mengetahui bagaimana cara merawat tas dengan baik dan benar.

Cara Merawat Tas Kulit Agar Tidak Mudah Mengelupas

Apabila tas tidak dirawat, maka akan menimbulkan jamur atau bisa jadi mengelupas. Oleh karena itu merawat tas merupakan hal wajib yang harus dilakukan, untuk merawatnya tidaklah sulit. Berikut ini cara-cara merawatnya :

  • Jauhkan Tas dari Sinar Matahari dan Air

Cipratan air dan paparan sinar matahari rupanya dapat membuat tekstur tas kulit menjadi cepat rusak. Cipratan air dapat membuat tas kulit menjadi rentan ditumbuhi jamur, sedangkan paparan sinar matahari secara langsung dapat membuat warna tas kulit menjadi memudar dan teksturnya menjadi mudah retak.

  • Membersihkan Noda Makanan Pada Tas Kulit

Noda makanan atau darah yang ada pada tas kulit memang menjadikan penampilan tas jadi kurang menarik dan bagus. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat memakai bubuk kapur tulis yang berawrna putih. Selanjutnya, taburkan bubuk tersebut pada permukaan tas kulit dan diamkan selama semalam. Pada pagi hari, Anda bisa membersihkan sisa kapur tulis yang menempel dengan menggunakan cairan pembersih khusus untuk bahan kulit.

  • Tas Kulit Harus Sering Dipakai

Tas kulit yang terlalu lama di simpan dan tidak pernah dipakai biasanya agak cepat mengelupas. Hal ii bisa terjadi akibat kelembapan dan kelenturan bahan kulit tas semakin berkurang yang mengakibatkan teksturnya mudah retak. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda sering menggunakan tas-tas kulit secara bergantian dengan tas lain yang Anda miliki.

  • Menggunakan Kapas atau Kain Microfiber

Kapas atau kain microfiber memiliki tekstur yang lembut dan tidak akan merusak permukaan tas kulit Anda. Oleh sebab itu, kasa dan kain microfiber merupakan bahan yang sangat cocok digunakan untuk membersihkan tas yang memiliki bahan dari kulit. Sebaiknya Anda tidak menggunakan spons atau tisu. Karena serat tisu yang tajam bisa merusak tekstur tas kulit sedangkan spons dapat membuat warna alami bahan kulit memudar.

  • Hindari Menaruh Tas Kulit dengan Cara Ditumpuk

Sangat tidak diperbolehkan menumpuk tas dengan bahan-bahan lain, karena tekstur dan bentuk tas kulit dapat rusak apalagi jika tertumpuk dibawah barang-barang atau tas lain yang berat. Letakkanlah tas kulit dengan posisi berdiri didalam lemari dan jejerkan dengan tas lainnya. Dengan seperti ini tas kulit Anda akan tetap bagus meski sudah terpakai lama. Cara merawat tas ini paling mudah dilakukan.

Baca juga artikel menarik lainnya di klinikmode.com

Demikian cara merawat tas kulit agar tidak mudah rusak dan tahan lama. Anda dapat mengaplikasikan cara-cara diatas supaya tas kulit yang Anda miliki tetap bertekstur lembut dan tidak mudah retak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *