Cara Merawat Sepatu Kulit

Bagi penggemar sepatu kulit tentunya memiliki koleksi sepatu yang lebih dari dua pasang. Apalagi bagi mereka yang dalam pekerjaannya mengenakan sepatu kulit setiap hari. Sepatu kulit yang apabila dikenakan memberikan kesan rapi, formal, dan high class tentunya haruslah dirawat sebaik mungkin, karena hal ini bisa berpengaruh pada kondisi sepatu, apakah akan jadi awet atau justru mudah rusak. Merawat sepatu terutama sepatu kulit haruslah rutin dan telaten, oleh karena itu berikut ini merupakan cara perawatan sepatu kulit agar tetap awet:

  1. Ketahui Jenis Sepatu Kulit

Meskipun sama-sama disebut sepatu kulit, akan tetapi jenis sepatu ini ternyaa memiliki bahan yang berbeda serta beragam. Ada sepatu kulit asli, namun ada juga sepatu kulit sintetis. Untuk mengetahui jenis kulit ini seyogyanya dilakukan saat membeli, ketahui terlebih dahulu sifat kulit serta kekuatannya, sehingga ketika melakukan perawatan sepatu tidak akan salah langkah.

  1. Penyimpanan Sepatu

Sepatu kulit yang sudah selesai digunakan, sebaiknya disimpan dengan baik, jangan diletakkan begitu saja di luar rumah, karena apabila terlalu banyak terkena angin, hujan, serta sinar matahari akan memberikan pengaruh yang tidak baik pada kulit sepatu. Oleh karena itu, setelah selesai menggunakannya, sebaiknya simpan sepatu ke dalam kotak khusus yang didalamnya ditambahkan silica gel agar sepatu kulit terhindarkan dari jamur, bau tidak sedap, serta untuk menjaga kelembaban sepatu. Apabila diletakkan di rak, tanpa menggunakan kotak khusus, hendaknya sepatu ditata dengan jarak yang cukup, sehingga antar sepatu tidak bergesekan. Kulit sepatu yang bergesekan bisa menimbulkan lecet dan merusak sepatu.

  1. Mencuci dan Mengeringkan Sepatu

Merawat sepatu tentunya harus disertai dengan pencucian sepatu, tak seperti jenis sepau kets. Sepatu kulit haruslah dicuci dengan cara khusus dan tidak boleh sembarangan., karena apabila salah dalam tahap pencucian, maka justru akan merusak kulit sepatu.  Untuk membersihkan kulit sepatu agar terhindar dari lecet dan kulit sepatu dapat bersih, maka bersihkan dengan menggunakan sikat khusus.

Jangan bersihkan atau jangan cuci dengan deterjen, karena justru akan dapat merusak kulit. Jangan pula mengeringkannya di bawah sinar matahari langsung karena dikhawatirkan akan membuat kulit sepatu pecah dan retak-retak. Untuk tahap pengeringannya bisa menggunakan kain yang lembut, atau bisa juga dengan menggunakan mesin pengering. Akan tetapi jika menggunakan mesin pengering jangan diarahkan langsung ke sepatu, namun dengan melapisinya dengan koran bekas terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar panas mesin pengering tidak langsung mengenai sepatu karena panas yang berlebih bisa merusak kulit.

Beberapa tips merawat sepatu kulit di atas haruslah diperhatikan dengan baik, agar sepatu kulit tetap awet, tidak mudah rusak, dan terjaga kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *