Cara Merawat Sepatu High Heels Yang Benar

Sepatu high heels bisa membuat kaki terlihat sexy dan anggun. Namun, jika tidak dirawat dengan benar bisa membuat sepatu terlihat usang dan membahayakan. Merawat sepatu higheels agar tetap terlihat baru dan awet bisa dibilang susah-susah mudah.

Bagi sebagian wanita yang memiliki aktivitas cukup tinggi mungkin tidak sempat merawat high heelsnya. Akhirnya membuat sepatu jadi terlihat kusam dan mudah rusak. Sama halnya merawat sepatu model lainnya, merawat high heels juga ada langkah-langkahnya. Jika cara perawatannya tidak tepat bisa malah membuat sepatu cepat rusak. Berikut ini ada beberapa tips perawatan sepatu heels yang bisa Anda jadikan panduan:

Membersihkan Secara Teratur

Tips pertama adalah harus rutin membersihkan setiap habis dipakai. Dengan membersihkan sepatu bisa membuat sepatu terlihat baru. Jika sepatu terbuat dari bahan kulit asli atau sintesis, cara membersihkannya bisa dengan kain lap bersih. Jika nodanya susah dihilangkan bisa gunakan lap dengan air hangat.

Sedangkan jika sepatu terbuat dari bahan satin, gunakan lap dengan air hangat lalu usapkan ke permukaan yang terkena noda. Jangan menggosoknya karena malah membuat noda menyebar. Jika kotorannya bandel, tidak mau hilang caranya bisa gunakan detergen.

Membersihkan sepatu harus disesuaikan dengan bahan sepatu itu sendiri. Setiap bahan memiliki karakteristiknya sendiri jadi cara membersihkannya-pun berbeda-beda. Setelah dibersihkan jangan buru-buru langsung memasukkan ke kotak sepatu, pastikan sepatu sudah benar-benar kering. Karena jika masih dalam kondisi basah bisa menimbulkan bau tidak sedap dan jamuran.

Menyimpan Sepatu Di Tempat Yang Benar

Selain membersihkan, penting juga memperhatikan tempat penyimpanannya. Sepatu harus disimpan ditempat yang tidak terkena matahari langsung karena bisa membuat warna sepatu pudar dan retak. Selain itu hindari menyimpan sepatu di tempat yang lembab karena bisa membuat sepatu berjamur dan bau. Anda bisa menyimpannya di rak sepatu atau di dalam box. Jika di dalam box gunakan silica gel yang fungsinya mencegah sepatu bau apek dan berjamur.

Gunakan Pelembab Khusus

Merawat sepatu bisa menggunakan pelembab khusus yang digunakan setelah sepatu dalam kondisi sudah bersih. Caranya sangat mudah yaitu tinggal mengoleskan atau menyemprotkannya ke sepatu. Tapi jangan sembarang semprot/ oles, perhatikan bahan sepatunya. Jika bahannya kulit suede pilih pelembab khusus untuk bahan suede. Sedangkan untuk sepatu kulit bisa gunakan pelembab semir. Sesuaikan warna pelembab atau semir yang sesuai dengan warna sepatu.

Dengan melakukan tips merawat sepatu high heels di atas, maka sepatu Anda tetap terlihat baru dan bisa membuat sepatu lebih awet, tidak mudah rusak. Dengan demikian, Anda tidak perlu membeli sepatu baru lagi karena yang lama sudah rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *