Cara Merawat Jaket Kulit dengan Benar Agar Awet

Cara Merawat Jaket Kulit dengan Benar Agar Awet

Jaket merupakan salah satu jenis fashion yang biasanya banyak digunakan sebagai outfit pelindung pada bagian luar pakaian yang dikenakan. Fungsi utama jaket sendiri biasanya akan lebih banyak digunakan untuk melindungi tubuh para penggunanya dari terpaan matahari secara langsung ataupun dari terpaan angin pada saat pengguna jaket sedang menjalankan kendaraan bermotor. Namun lebih dari itu jaket kini pun banyak digunakan sebagai salah satu bagian dari fashion dalam diri seseorang, yang akan lebih sering digunakan dalam aktivitas tertentu. Salah satu jenis jaket yang kini juga banyak dipilih untuk tampilan fashion seseorang adalah jenis jaket kulit.

Cara Merawat Jaket Kulit dengan Benar Agar Awet

Jaket dengan bahan dasar pembuatan kulit sintetis ini, tidak hanya akan membuat para penggunanya tampil lebih keren, namun kesan casual pun akan lebih banyak ditampilkan ketika seseorang menggunakan jenis jaket yang satu ini. Jaket yang telah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak puluhan tahun lalu ini, kini kembali menjadi trend yang banyak dipilih oleh para anak muda. Namun tahukah Anda bahwa untuk menggunakan jaket yang terbuat dari bahan kulit sintetis ini diperlukan teknik perawatan yang khusus agar nantinya tekstur permukaan pada jaket tersebut tidak mudah rusak ataupun pecah karena sistem perawatan ataupun penggunaan yang tidak benar.

Berikut ini cara merawat jaket kulit dengan tepat, yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi dalam melakukan perawatan tersebut, yang antara lain adalah:

  1. Jika jaket berbahan kulit yang Anda miliki, mulai terasa memiliki tekstur yang kering dan kaku pada bagian permukaannya, maka oleskanlah minyak zaitun ataupun minyak kelapa pada seluruh bagian permukaan jaket tersebut dengan menggunakan kain lap yang lembut.
  2. Jika terdapat noda pada salah satu bagian permukaan jaket, akan lebih disarankan bagi Anda untuk membersihkannya dengan menggunakan sabun cuci piring ataupun sampo bayi, karena memiliki tekstur yang lebih lembut. Oleskan sabun tersebut dengan menggunakan lap pada bagian yang terkena noda. Kemudian angkatlah sisa dari sabun dan keringkan secara alami.

Selain teknik pembersihan sendiri seperti yang telah dijabarkan diatas, untuk mencuci jaket berbahan dasar kulit yang telah lama Anda gunakan, dan sudah memiliki aroma yang tidak mengenakkan, maka akan lebih disarankan bagi Anda untuk melakukan pencucian jaket tersebut dengan bantuan dari binatu yang memang telah berpengalaman dalam melakukan pencucian dan pembersihan berbagai jenis jaket berbahan dasar kulit tersebut.

Baca juga Beberapa Point yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Jaket Distro

Apabila jaket kulit tidak sedang Anda gunakan, maka akan lebih disarankan bagi Anda untuk menyimpannya ditempat yang kering dan tidak lembab, agar nantinya tekstur permukaan dari jaket tetap dapat terjaga dan jamur serta bau tidak sedap pun tidak akan menghampiri. Jika diperlukan gunakan chamfer ataupun alat penghisap kelembaban air untuk dapat menjaga tempat penyimpanan jaket tetap bertekstur kering dan tidak lembab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *