Cara Mencuci Sepatu Olahraga

Jika dibandingkan dengan sepatu kantor yang lebih sering digunakan di dalam ruangan, maka sepatu olahraga lebih sering digunakan di luar ruangan. Sehingga tingkat kebersihannya berbeda, dimana sepatu olahraga lebih cepat kotor dibandingkan sepatu kantor. Oleh karena itu, untuk menjaga keawetannya, sepatu olahraga harus dijaga kebersihannya, salah satunya adalah dengan mencuci sepatu olahraga dengan teratur.

Mencuci sepatu olahraga ternyata tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar seluruh bagian dari sepatu bisa bersih secara sempurna, yaitu sebagai berikut.

  1. Lepas Sol dan Tali

Salah satu bagian sepatu yang banyak tertempel noda dan kotoran adalah bagian soal serta tali. Oleh karena itu, ketika hendak membersihkan sepatu, sebaiknya lepas kedua bagian ini agar bisa dibersihkan secara sempurna, serta bisa dikeringkan lebih cepat. Jika dicuci menggunakan tangan, maka bersihkan bagian ini menggunakan sikat atau direndam ke dalam air detergen. Kedua bgaian ini juga aman untuk dicuci di dalam mesin cuci. Apabila takut tali sepatu tersangkut di dalam mesin cuci, bisa dengan mengikatkan tali sepatu ke sol sepatu sebelum dimasukkan ke mesin cuci.  

  1. Sikat Bagian Luar Sepatu

Sedangkan untuk bagian luar sepatu bisa dengan menggunakan sikat sepatu agar kotoran seperti lumpur kering yang menempel mudah terlepas dan sepatu pun menjadi bersih. Bisa juga menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai sehingga bagian terkecil dari sepatu bisa bersih. Apabila ada bagian sepatu yang masih kotor, bisa juga dengan menggunakan tusuk gigi untuk membersihkannya.

  1. Jemur Sepatu

Setelah sepatu bersih, jemur sepatu. Karena sepatu olahraga memang seringkali digunakan di luar ruangan, maka sepatu ini aman jika ingin dijemur di area yang terkena sinar matahari langsung. Penjemuran pun harus dilakukan dengan benar, yaitu dengan cara menelungkupkan sepatu atau bisa juga dengan memanfaatkan rangka jemuran atau pagar untuk menyangkutkan sepatu agar tertelungkup dengan baik. Kenapa sepatu harus ditelungkupkan? Hal ini agar sisa-sia air cucian yang ada di dalam sepatu bisa terjatuh semuanya. Sedangkan untuk tali sepatu dan sol sepatu bisa dijemur secara terpisah sampai benar-benar kering.

  1. Penyimpanan Sepatu

Setelah pencucian dan penjemuran selesai, maka sepatu olahraga juga harus disimpan dengan baik. Penyimpanan sepatu dengan cara yang benar tentunya akan bisa menjaga sepatu agar tidak berubah bentuk. Apabila disimpan di dalam kotak, bisa ditambahkan dengan silica gel sehingga bakteri yang dapat menyebabkan bau tidak akan tumbuh di dalam sepatu. Untuk mempertahankan bentuk sepatu, saat penyimpanan juga bisa dengan menggunakan gumpalan kertas koran yang dimasukkan ke dalam rongga sepatu, selain itu cara ini juga bisa untuk menyerap kelembaban yang tersisa.   

Mencuci sepatu olahraga tentunya harus dilakukan secara rutin, karena selain mejaga kebersihan, juga agar sepatu bisa awet, tahan lama, dan tidak rusak karena jamur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *