Berita Seputar Dunia Fashion: Riwayat Desainer Legendaris Cristian Dior

Seputar dunia fashion sepertinya kurang lengkap kalau kita tidak membicarakan tokoh penting dalam perkembangan dunia fashion nan legendaris bermana Cristian Dior. Simak ulasannya di bawah ini

Christian Dior lahir tanggal 21 Januari 1905 – meninggal 24 Oktober 1957 adalah seorang perancang busana Prancis, dikenal sebagai pendiri salah satu rumah mode top dunia, juga disebut Christian Dior, yang kini dimiliki oleh groupe Arnault. Dia adalah anak kedua dari lima anak yang lahir dari Maurice Dior, produsen pupuk kaya (perusahaan keluarga adalah Dior Freres)

keluarga Dior berharap anaknya akan menjadi seorang diplomat, tapi Dior memililh karir artistik dan berharap untuk terlibat dalam seni dan seputar dunia fashion yang kelak membuat namanya menjadi legenda. Untuk membuat uang, ia menjual sketsa busana di luar rumahnya dengan harga 10 sen masing-masing. Pada tahun 1928, Dior meninggalkan sekolah dan menerima uang dari ayahnya untuk membiayai galeri seni kecil. Tiga tahun kemudian, setelah kematian ibu Dior dan kakak dan bencana keuangan dalam bisnis pupuk keluarga, selama Depresi Besar, yang mengakibatkan ayahnya kehilangan kendali pada usaha pupuk Dior Freres, galeri seni milik anaknya pun harus ditutup.

Dari tahun 1937, Dior dipekerjakan oleh perancang busana Robert Piguet, yang memberinya kesempatan untuk merancang tiga koleksi Piguet. [Dior kemudian akan mengatakan bahwa ‘Robert Piguet mengajarkan saya nilai-nilai kesederhanaan melalui mana keanggunan sejati harus datang. Salah satu desain aslinya untuk Piguet, yang disebut” Cafe Anglais ” , diterima dengan baik. Sementara di Piguet, Dior bekerja bersama Pierre Balmain, dan digantikan sebagai desainer rumah oleh Marc Bohan -. Yang kelak pada tahun 1960, menjadi kepala desain untuk Christian Dior Paris. Dior meninggalkan Piguet ketika ia dipanggil untuk layanan militer.

Pada tahun 1942,, ia bergabung dengan rumah mode dari Lucien Lelong, di mana ia dan Balmain adalah desainer utama. Untuk durasi Perang Dunia II, Dior, sebagai karyawan Lelong – yang bekerja untuk melestarikan industri fashion Perancis selama perang karena alasan ekonomi dan artistik – gaun yang dirancang untuk para istri perwira Nazi dan kolaborator Perancis, seperti yang dilakukan rumah mode lain yang tetap dalam bisnis selama perang, termasuk Jean Patou, Jeanne Lanvin, dan Nina Ricci.

Pada tahun 1946 Marcel Boussac, seorang pengusaha sukses yang dikenal sebagai orang terkaya di Perancis, mengundang Dior merancang untuk Philippe et Gaston, sebuah rumah mode Paris diluncurkan pada tahun 1925. Dior menolak, ingin membuat awal yang segar di bawah namanya sendiri daripada menghidupkan kembali merek lama. Pada tanggal 8 Desember 1946, dengan dukungan Boussac ini, Dior didirikan rumah mode nya. Nama sebenarnya dari garis koleksi pertamanya, disajikan pada 12 Februari 1947, adalah Corolle (secara harfiah corolla jangka botani atau lingkaran dari kelopak bunga dalam bahasa Inggris),  Dior meninggal saat liburan di Montecatini, Italia pada tanggal 24 Oktober 1957. [14] Beberapa laporan mengatakan bahwa ia meninggal karena serangan jantung setelah tersedak tulang ikan.

Semoga artikel seputar dunia fashion mengenai sosok penting dalam dunia fashion barat yakni Cristian Dior bisa menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *