Berikut 4 Tips Supaya Kain Sutra Lebih Awet

Berikut 4 Tips Supaya Kain Sutra Lebih Awet

Siapapun Anda dijamin kenal dengan jenis tekstil bernama kain sutra yang berasal dari kepompong ulat sutra. Kepompong ini bisa diolah kemudian dipintal menjadi benang untuk kemudian dibuat menjadi helaian kain berkualitas tinggi. Jenis kainnya sendiri bahkan dikenal sebagai kain mahal dan terkenal untuk pembuatan baju yang eksklusif sebab tampilannya sendiri memang sudah elegan. Uniknya kain jenis sutra ini tidak hanya tampil polos melainkan beberapa juga sudah dibuat bermotif, salah satunya batik sutra..

Berikut 4 Tips Supaya Kain Sutra Lebih Awet

Merawat Kain Jenis Ini

Berhubung kain bernama sutra ini terbuat dari bahan alami dan dikenal sebagai kain mahal maka tidak ada salahnya merawat kain ini dengan seksama. Supaya awet berikut cara merawat sutra tersebut:

  • Cuci secara manual saja,

Kesalahan pemilik kain mahal ini adalah mencucinya memakai mesin sehingga berpotensi merusak serat kainnya. Usahakan selalu mencuci baju dari sutra dengan tangan karena lebih menjaga kualitas serat kain sehingga tidak mudah rusak ataupun melar. Detergen yang digunakan pun baiknya yang berformula lembut, misal seperti sampo atau mungkin detergen khusus untuk pakaian bayi.

  • Baiknya dibilas dengan air hangat,

Saat selesai dicuci maka kain sutra baiknya dibilas memakai air hangat kuku, tujuannya untuk menjaga kilap pada kain tersebut. Sutra sendiri memiliki kilap yang elegan dan terbentuk secara alami lewat kepompong ulat sutra yang disinggung di awal. Membilas dengan air dingin bisa mengurangi kilap tersebut dan perlahan akan menjadi kusam. Oleh sebab itu usahakan untuk dibilas dengan air hangat, suhunya antara 30-40 derajat sehingga jangan sampai mempergunakan air yang terlalu panas.

  • Setrika dengan suhu yang rendah,

usai dicuci dan sudah kering maka baju dari sutra ini bisa dan aman disetrika supaya selalu terlihat rapi. Hanya saja ketika disetrika pastikan mengatur suhu setrika di suhu terendah karena jika terlalu panas kain ini akan terbakar dan berkerut. Bahkan bisa jadi menjadi gosong dan terlihat menghitam, oleh sebab itu dianjurkan tetap disetrika namun dengan suhu rendah. Kemudian untuk setrika yang pengaturan suhu rendahnya tetap terasa terlalu panas bisa dilapisi dengan kain tipis agar sutra lebih terlindung.

Baca juga Berikut 4 Cara Menentukan Kemeja Batik yang Berkualitas Bagus

  • Simpan dengan baik dan benar,

Kain bernama sutra ini rupanya untuk tetap awet juga butuh penyimpanan yang tepat, sehingga jangan asal ditaruh di lemari pakaian. Gunakan gantungan baju yang bahannya lembut sebab kain jenis ini terbilang sensitif sehingga mudah rusak kalau bersentuhan dengan benda yang kasar. Kemudian selalu simpan dengan cara digantung bukannya dilipat, selain awet rapinya juga menjaga kualitas kain tersebut. Anda pun bisa memiliki baju dari kain sutra yang siap dipakai kapan saja karena terawat dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *