Berbagai Bahan & Cara Merawat Sepatu Wanita

Perempuan selalu beranggapan pakaian yang modis rasanya kurang lengkap jika tidak dilengkapi dengan sepatu yang sesuai. Selain model sepatu yang semakin variatif, bahan yang digunakan untuk membuat sepatu pun bermacam-macam. Seperti halnya merawat kulit, merawat sepatu wanita pun memiliki cara yang berbeda-beda bergantung pada bahannya.

Simak tips-tips berikut merawat sepatu wanita kesayangan Anda agar tetap awet.

Baca juga: Cara Merawat Sepatu High Heels Yang Benar

  • Bahan Suede

Suede merupakan salah satu bahan sepatu yang paling populer sekaligus paling banyak dihindari oleh para pria maupun wanita. Merawat sepatu suede memang cukup tricky, jika salah merawatnya sepatu bisa menjadi cepat rusak. Jika kamu memiliki sepatu suede, belilah sikat sepatu khusus bahan suede untuk menghilangkan noda di permukaan sepatu. Jika terdapat noda membandel, gunakan stain-remover khusus untuk bahan suede. Jika menemukan bercak kotor pada barang berbahan suede kamu, jangan memakai air untuk membersihkan hanya bagian yang memiliki bercak tersebut melainkan bersihkan seluruh permukaan benda menggunakan sikat suede dan sedikit air guna mencegah perubahan warna. Untuk menghilangkan bercak noda yang mengandung garam, misalnya dari makanan atau minuman, manfaatkan sedikit cuka. Bau cuka mungkin akan bertahan selama jangka waktu tertentu, tetapi lama-kelamaan akan hilang.

  • Kulit Asli

Sepatu berbahan kulit merupakan jenis sepatu paling awet dibandingkan dengan bahan sepatu lainnya. Bahan kulit untuk sepatu dibedakan menjadi dua, yaitu kulit asli (genuine leather) dan kulit sintetis (faux leather). Kulit asli atau genuine leather umumnya berasal dari kulit hewan seperti sapi, kambing, domba dan babi. Sekilas memang tidak terlalu terlihat perbedaan antara kulit asli dengan kulit sintetis. Namun, kulit asli memiliki tekstur yang terasa lebih kasar ketika dipegang, berbeda dengan kulit sintetis yang lebih halus dan rata teksturnya. Jika sepatu kulit terkena kotoran, bersihkan dengan kain lembut yang telah diberi sedikit air. Gosok pada permukaan sepatu yang berserat. Jika terdapat noda membandel, gunakan shampo lembut yang diciptakan khusus untuk membersihkan bahan kulit. Setelah sepatu kering, gunakan semir berbahan silikon yang warnanya sama dengan sepatu. Semir sepatu khusus kulit tersedia di berbagai toko sepatu. Gunakan krim tersebut dengan selembar kain yang lembut. Biarkan selama beberapa menit, lalu sikat sampai mengilap dengan kain atau sikat yang lembut. Tambahkan beberapa tetes air pada kain lap agar mengkilap. Kamu juga bisa menambahkan semprotan anti air dan anti noda agar sepatu Anda lebih terproteksi.

  • Bahan Kanvas

Sepatu berbahan kanvas merupakan salah satu fashion item yang wajib dimiliki oleh pria dan wanita. Selain nyaman, sepatu kanvas memiliki bahan yang ringan dan juga sangat kasual sehingga cocok dipakai untuk bersantai. Cara merawat sepatu berbahan kanvas memang terbilang gampang-gampang susah karena pada dasarnya sepatu berbahan kanvas ini merupakan bahan yang berdaya serap air tinggi, rentan memudar, sobek dan mudah terkena noda membandel. Jika kamu ingin membersihkan sepatu kanvas, siapkan terlebih dahulu peralatan seperti sikat berbulu halus atau sikat gigi, ember, deterjen dan air hangat. Larutkan deterjen ke dalam air hangat dan sikat sepatu kanvas sampai bersih. Bilas dan jemur pada tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Setalah kering seluruhnya, letakkan sepatu di rak atau kardus dengan sirkulasi udara yang baik supaya terhindar dari kelembapan dan tidak ditumbuhi jamur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *