Beberapa Tips Menentukan Baju Batik Kantor yang Sesuai Agar Tetap Terlihat Stylish

Batik merupakan salah satu warisan budaya yang harus selalu dibanggakan dan dikembangkan sebagai wujud pelestarian. Makanya banyak kantor-kantor yang akhirnya mengharuskan seluruh pegawainya untuk mengenakan pakaian batik kantor dihari tertentu. Ternyata hal itu tidak hanya terjadi pada kantor-kantor pemerintah saja, bahkan banyak kantor swasta yang menerapkan hal serupa. Dari situlah kebutuhan akan baju batik dipasaran semakin bertambah. Untuk model dan jenisnya pun semakin beragam menyesuaikan mereka yang bekerja sebagai pegawai kantoran.

Untuk menentukan ukuran baju yang cocok untuk dikenakan ke kantor beragam, banyak segi pandang yang harus dipertimbangkan supaya tetap terlihat formal tetapi tidak meninggalkan kesan stylish juga. Disinilah pentingnya lebih cermat dalam pemilihan baju kantor, lalu dalam segi apa yang harus diperhatikan? Berikut diantaranya:

Baca juga: Model Kombinasi Batik Kantor Modern

  • Bahan.

Sebenarnya untuk memperhatikan bahan saat membeli sebuah pakaian bukan hanya pada pembelian baju batik untuk ke kantor saja tetapi baju kegiatan apapun juga perlu diperhatikan. Namun, secara lebih khusus memang memilih baju kantor harus lebih teliti karena itu akan berpengaruh pada kenyamanan saat bekerja. Bukan hanya satu dua jam saja dikenakan mungkin hampir 10 jam akan dipakai, maka sebaiknya cari batik yang benar-benar nyaman digunakan.

  • Model.

Selanjutnya yaitu dari segi model, karena tidak semua model baju batik dapat digunakan saat pergi ke kantor. Pilih yang masih dalam batasan sopan karena itu menyangkut professional kerja Anda, yang paling penting model tidak mengganggu kelangsungan Anda bekerja. Misalnya Anda memilih untuk menggunakan baju batik kantor dengan model minidress padahal ditempat kerja Anda dituntut untuk aktif dalam segala kegiatan. Tentu penggunaan minidress tidak akan membuat Anda nyaman saat bekerja.

  • Warna.

Dari segi warna harusnya Anda juga bisa membedakan antara batik yang akan digunakan untuk pergi ke kantor dan batik untuk pergi ke pesta. Hindari penggunaan batik yang mempunyai warna mencolok untuk ke kantor, pilih saja warna-warna soft supaya tetap terlihat sederhana tetapi tetap menarik.

  • Padukan dengan bawahan.

Misalnya Anda saat bekerja diharuskan menggunakan celana hitam polos panjang atau mungkin rok panjang. Tentunya Anda akan mencari batik yang cocok dipakai dengan model bawahan yang Anda miliki. Tidak semua batik bisa dipadukan dengan bawahan celana panjang ataupun rok. Ya, walaupun mayoritas batik lebih fleksibel dalam mengkolaborasikan dengan bawahan model apa saja.

  • Sesuai dengan tubuh.

Pemilihan selanjutnya pada ukuran baju atau size baju, untuk pergi ke kantor seharusnya menggunakan pakaian yang sopan dan tetap rapi. Makanya tentukan baju sesuai dengan badan Anda, jangan sampai baju batik kantor terlihat kebesaran ataupun kekecilan saat digunakan. Jika semuanya sesuai akan memperkuat tampilan manis Anda dan tetap bisa menyelesaikan pekerjaan dengan nyaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *