Beberapa Daerah Dengan Motif Batik Kerja Paling Tren

Beberapa Daerah Dengan Motif Batik Kerja Paling Tren

Batik adalah salah satu  warisan Negara indonesia yang sudah di akui oleh UNESCO, dan setiap tanggal 2 oktober merupakan peringatan hari batik nasional Indonesia. dalam perkembangan yang semakin pesat ada aneka jenis model batik yang tersebar di seluruh daerah Indonesia. batik pun juga di gunakan untuk busana kerja atau batik kerja.

Beberapa Daerah Dengan Motif Batik Kerja Paling Tren

 

Batik merupakan salah satu seni lukis yang di gunakan dengan menggunakan kain atau bergambar yang mempunyai pola dan cara pembuatan yang khusus. Batik berasal dari bahasa jawa yaitu “amba“ yang berarti menulis dan juga menggunakan kata titik, apabila digabung yang berarti menulis titik. Jika anda ingin mencari model batik kerja Inilah motif batik yang terkenal di Indonesia :

  • Motif batik tuju rupa ( Pekalongan )

Motif batik ini lebih kental dengan nuansa alam, pada umumnya menampilkan motif bergambar hewan atau tumbuhan. Karena dahulu pekalongan adalah tempat transit para pedagang dari berbagai Negara, sehingga pekalongan menampilkan motif batik campuran kebudayaan lokal dan etnis cina. Akulturasi inilah yang membuat batik pekalongan sangat khas dengan alam terutama motif terang bulan, motif semen, motif pisan bali, dan motif lung lungan.

  • Motif batik gentongan( Madura )

Batik asli Madura ini menggambarkan motif abstrak sederhana , tanaman atau kombinasi keduanya. Batik gentongan ini mengambil warna warna terang seperti merah, kuning, hijau, ungu. Nama batik gentongan ini di ambil dari nama gentong, yakni tempat yang di gunakan untuk mencelup kain batik pada cairan warna.

  • Motif batik sogan ( Solo )

Motif batik ini sudah ada sejak zaman dahulu sejak zaman nenek moyang kita, biasanyan batik ini di dominasi warna coklat muda dan memiliki motif yang khas lengkungan garis, bunga dan aksen titik titik. Pada zaman dahulu batik ini di gunakan oleh para raja raja keratin solo. Namun pada zaman modern ini batik ini sudah di pakai oleh masyarakat biasa.

  • Motif batik simbut ( Banten )

Motif ini menyerupai daun talas dan mempunyai bentuk motif yang paling sederhana , hanya menyusun dan merapikan satu jenis motif saja.

  • Motif parang ( Pulau Jawa )

Parang atau perang atau miring bentuk motifnya seperti hiruf “ S “ miring berombak memanjang. Motif parang ini tersebar di seluruh pulau jawa perbedaanya hanya pada aksen dari motif parang tersebut.

  • Motif kawung ( Jawa Tengah )

Batik yang terinspirasi dari buah kolang kaling bentuknya lonjong di susun empat sisi membentuk lingkaran. Motif ini identik dengan motif sepuluh sen kuno, karena berbentuk bulat dan mempunyai lubang di tengah. Motif ini paling banyak di pakai di Negara Indonesia.

Baca juga artikel menarik lainnya di klinikmode.com

Demikianlah referensi bagi anda yang ingin memiliki koleksi  banyak motif batik untuk kerja semoga motif ini bisa membantu anda dalam memilih kain batik kerja yang anda inginkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *