Bahan Ini yang menjadi Pilihan untuk Membuat Dress ke Pesta

Pergi ke pesta membutuhkan pakaian khusus yang digunakan khusus untuk acara formal. Untuk pria biasanya menggunakan jas atau jenis tuxedo ataupun batik yang dipadukan dengan menggunakan sepatu pantofel. Sedangkan untuk wanita, membutuhkan dress yang digunakan untuk ke pesta. dress ke pesta menggunakan bahan tertentu sehingga terlihat lebih elegan, mewah atau bahkan terlihat lebih klasik. Terdapat beberapa jenis bahan yang sering digunakan untuk membuat dress.

Pertama adalah batik. Di luar negeri memang jenis kain asli Indonesia ini jarang dipergunakan. Namun di Indonesia, kain yang menjadi salah satu kebanggaan di Indonesia tersebut saat ini banyak digunakan sebagai bahan dasar membuat dress. Bahkan sebelum menjadi tren, dahulunya kain batik menjadi kain utama untuk membuat baju ke pesta. Saat ini batik dapat di kreasikan dengan menggunakan gabungan bahan yang lainnya seperti satin untuk menambah kesan elegan.

Kedua adalah sutra. dress ke pesta yang menggunakan bahan dasar sutra memiliki harga yang paling mahal jika dibandingkan dengan dress yang digunakan untuk ke pesta. Hal ini dikarenakan bahan dasar untuk membuat sutra berasal dari serat alami dari kepompong sutra. Kain yang memiliki kesan yang mewah karena terlihat berkilauan ini memiliki tekstur yang halus. Terkadang kain sutra dipadukan dengan bahan tambahkan lainnya seperti lace, bordir atau ditambah manik-manik untuk membuat kain menjadi terlihat lebih menarik.

Ketiga adalah kain satin. Kain ini memiliki permukaan yang mengkilap namun di sisi sebaliknya tidak licin dan tidak mengkilap. Kain satin sering digunakan sebagai kain untuk dress yang ingin terlihat mewah dan berkelas namun tetap memiliki harga yang terjangkau. Harga kain satin lebih murah jika dibandingkan dengan kain sutra namun tetap memberikan kesan elegan dan mewah. Terdapat jenis satin yang bernama duchesse yang sering digunakan sebagian kain couture untuk pernikahan. Satin duchesse ini memiliki serat yang halus sehingga tidak heran jika memiliki tekstur yang halus. Walaupun dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat dress, namun kain satin duchesse lebih banyak digunakan untuk membuat gaun pernikahan.

Baca juga: Menentukan Pilihan Dress Pesta, Pertimbangan Dari Tema Sampai Bentuk Badan

Kain lainnya yang digunakan untuk membuat baju ke pesta yaitu:

  • Taffeta terbuat dari sutra ataupun rayon. Jenis kain ini sering digunakan untuk membuat dress yang berbentuk bowl karena memiliki tekstur yang lebih kaku. Taffeta yang lebih tipis disebut juga sebagai kertas taffeta.
  • Sifon terbuat dari katun, serat sintetis ataupun sutra. Jenis kain ini biasanya digunakan untuk membuat dress yang bersifat jatuh karena sifon memiliki sifat yang ringan. Kain ini biasanya dikombinasikan dengan kain yang lain karena serat yang renggang sehingga transparan.
  • Tulle atau tile memiliki sifat yang halus namun kaku. Jenis kain ini biasanya digunakan sebagai kerudung baju pernikahan atau untuk outer dress.

Selain kain, berikut bahan dan aksesoris yang digunakan untuk membuat dress ke pesta agar terlihat menarik:

  • Brocade atau brokat. Jenis hiasan baju ini sering digunakan untuk memberikan tambahan keindahan pada dress yang digunakan.
  • Lace adalah renda halus dan biasanya menjadi lapisan luar pada dress.
  • Bordir.
  • Pearl atau mutiara yang sering digunakan untuk melengkapi gaun bagi para selebritis atau masyarakat kalangan atas sehingga tampak lebih berkelas.
  • Kristal biasanya ditambahkan untuk gaun yang berkelas namun biasanya digunakan juga kristal imitasi untuk gaun dengan harga yang lebih murah tetapi tetap ingin terlihat elegan.
  • Manik-manik. Dress dengan manik-manik biasanya memiliki harga yang lebih murah namun tergantung dari penyusunan atau perpaduan dan tingkat kesulitan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *