Artikel Dunia Fashion Internasional: Sosok Desainer John Charles Galliano

Dunia Fashion – John Charles Galliano CBE, RDI, lahir pada tahun 1960 adalah perancang busana kelahiran Inggris Gibraltar. Dia merupakan desainer kepala French perusahaan mode Givenchy (Juli 1995 sampai Oktober 1996), Christian Dior (Oktober 1996 sampai dengan Maret 2011) dan label sendiri John Galliano (1988-2011).  Saat ini, Galliano adalah direktur kreatif rumah mode yang berbasis di Paris Maison Margiela.

Galliano meraih penghargaan designer British of the Year empat kali. Dalam sebuah jajak pendapat 2004 BBC, ia dinobatkan sebagai orang  keliman yang paling berpengaruh dalam budaya Inggris saat ini. Namanya dalam dunia fashion begitu terkenal dan populer. Mempunyai pengaruh yang cukup signifikan dalam  trend fashion.

baca juga: Berita Seputar Dunia Fashion: Biografi Desainer Legendaris, Valentino Caravani

Galliano lahir di Gibraltar dari seorang ayah Gibraltarian, Juan Galliano, dan ibu Spanyol, Anita, dan memiliki dua saudara perempuan. Ayah Galliano adalah tukang ledeng. Keluarganya pindah ke Inggris untuk bekerja ketika Galliano berusia enam tahun, dan menetap di Streatham, London Selatan, sebelum pindah ke Dulwich  dan kemudian untuk Brockley.

Ia dibesarkan di sebuah keluarga Katolik Roma yang ketat. Galliano mempunyai sifat pemalu. Ia pernah berkata saat masih kecil: “Saya tidak berpikir orang di sini mengerti dari mana saya berasal.”

Setelah menghadiri St Anthony Sekolah dan Grammar School Wilson di London, Galliano melanjutkan studi di Saint Martin School of Art, dari mana dia lulus pada tahun 1984 dengan gelar kehormatan kelas pertama dalam Fashion Design.

Koleksi pertamanya terinspirasi oleh Revolusi Perancis berjudul Les Incroyables. Koleksi ini mendapat review positif dari dunia fashion dan dibeli secara keseluruhan untuk dijual kembali di London butik fashion Browns. Galliano kemudian memulai label fashion sendiri bersama kolaborator Amanda Harlech, pada waktu itu stylist dengan Harpers dan Quens, dan Stephen Jones, seorang pembuat topi.  

Di belakang keberhasilan ini, Galliano menyewa tempat studio di London, tapi bakatnya tidak cocok dengan kepala untuk bisnis. Selain itu, ia akan mengambil kenikmatan tentang kehidupan malam di London. Awalnya, dukungan keuangan berasal dari Johan Brun, dan ketika perjanjian ini berakhir, pengusaha Denmark Peder Bertelsen, pemilik perusahaan Aguecheek, yang juga mendukung Katharine Hamnett pada saat itu, mengambil alih. Perjanjian ini berakhir pada tahun 1988 dan tahun 1990, ia bangkrut dan, setelah labelnya sendiri yang berbasis di London gagal menyala  nasibnya, ia pindah ke Paris untuk mencari dukungan keuangan dan basis klien yang kuat.

Galliano pun kembali mencari dukungan kreatiftasnya dengan  berbasis di Paris desainer Maroko Faycal Amor (pemilik dan direktur kreatif label fashion Plein Sud) yang mengundangnya untuk mendirikan basis di Paris di markas Plein Sud. pertunjukan pertamanya adalah pada tahun 1989 sebagai bagian dari Paris Fashion Week.Selebriti Susannah Constantine telah bekerja untuk Galliano, dan dia juga telah membantu keberhasilan masa depan desainer lainnya termasuk desainer sepatu Patrick Cox. Pada tahun 1991, ia bekerja sama dengan Kylie Minogue, merancang kostum untuknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *