5 Cara Merawat Sepatu yang Benar, Namun Sering Kali Disepelekan  

5 Cara Merawat Sepatu yang Benar, Namun Sering Kali Disepelekan  

Penampilan tak akan lengkap tanpa diimbangi dengan penutup kaki atau yang dikenal sebagai sepatu, apalagi bagi Anda yang terbiasa dengan lingkungan formal seperti sekolah ataupun bekerja, maka sepatu sudah menjadi sarana wajib yang harus Anda miliki. Hanya saja untuk kaum adam sendiri umumnya lebih condong dalam menggunakan produk sepatu formal yang terbuat dari bahan dasar kulit. Bukan tanpa alasan, melainkan style nya memang lebih gaya. Selain itu sepatu kulit ini juga cocok dipadukan dengan outfit apapun untuk kebutuhan bekerja. Hanya saja sebagaimana yang diketahui bahwa produk sepatu, khususnya adalah yang berbahan dasar kulit memang cenderung lebih susah dirawat, tak boleh sembarangan merawat sepatu kulit ini, jika tidak akan cepat rusak.

 5 Cara Merawat Sepatu yang Benar, Namun Sering Kali Disepelekan  

Apalagi khusus untuk kulit asli, misalnya adalah yang terbuat dari kulit domba, sapi atau mungkin kulit-kulit binatang yang lainnya. adapun berikut ini setidaknya ada beberapa tips dalam merawat sepatu kulit agar tak mudah rusak, yaitu:

 

  1. Jangan dicuci, memang pada dasarnya bahan dasar leather tidak diperuntukkan untuk dicuci menggunakan air, lalu bagaimana cara untuk memuatnya tetap bersih?, yaitu dengan cara mengelapnya menggunakan cairan khusus seperti yang berbahan dasar minyak, untuk menghilangkan noda yang menempel. Sedangkan agar warnanya tetap mengkilap maka harus rajin-rajin di semir.
  2. Simpan di tempat yang kering, hindarkan sepatu tersebut dari udara yang lembab karena hanya akan memicu tumbuhnya jamur. Paling aman adalah dengan menyimpan di wadah khusus, dibekali dengan pengawet yaitu silica gel, umumnya bahan yang satu ini dapat membuat udara yang ada di sekitar ruangan menjadi tetap kering tidak lembab lagi.
  3. Jika sepatu tersebut basah terkena air, misalnya kehujanan atau sejenisnya, maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari secara tidak langsung.
  4. Rajin-rajin melembabkan sepatu tersebut, karena memang bahan dasarnya sendiri adalah kulit, seperti halnya kulit manusia yang cenderung mudah kering, untuk membuatnya tetap awet maka harus dilembabkan, caranya sangatlah mudah, yaitu cukup dengan rutin mengoleksi permukaannya dengan memakai minyak khusus atau dengan di semir.
  5. Jangan asal disimpan, tatalah dengan rapi, untuk menghindari kemungkinan nantinya sepatu tersebut adalah tertindih dengan yang lainnya sehingga membuat tampilannya juga tak lagi sempurna, maka lebih aman menyimpan dalam wadah secara terpisah-pisah, tidak menjadikannya satu. Sehingga nantinya tetap rapi dan juga tidak rusak.

 

Susah-susah gampang memang merawat sepatu kulit. Apalagi bagi yang koleksinya memang didominasi oleh jenis sepatu ini, maka harus lebih sabar lagi dalam perawatannya, hal ini sesuai dengan harga jual produknya yang memang sangat mahal, dibandingkan sepatu bahan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *