4 Cara Tepat Mencuci dan Merawat Tas Rajut Agar Awet

4 Cara Tepat Mencuci dan Merawat Tas Rajut Agar Awet

Penyuka tas tentu tak hanya pandai memilih tas tersebut melainkan juga harus melek cara merawat tas yang dimiliki. Ada banyak jenis tas di pasaran dan setiap orang memiliki model bahkan bahan favoritnya sendiri-sendiri. Khusus untuk Anda yang kebetulan menyukai tas rajut dijamin sempat dibuat bingung mengenai perawatan tas jenis ini. Sesuai dengan namanya tas rajut dibuat dari rajutan benang yang dijamin ringkih, meski begitu tetap perlu dicuci secara rutin. Sebab tidak akan nyaman memakai tas rajut yang lecek dan kumal.

 4 Cara Tepat Mencuci dan Merawat Tas Rajut Agar Awet

Tips Mencuci Tas Rajut

Perawatan untuk tas rajut memang cukup menarik karena lain daripada yang lain, bagi pemiliknya yang bingung cara mencucinya. Maka bisa memperhatikan tips berikut:

  • Baiknya tidak mencuci memakai mesin,

Tas rajut umumnya mudah melar bahkan salah perlakuan sedikit membuat beberapa bagian mudah sobek. Maka ketika dicuci bukannya harus hati-hati hanya saja agar awet lebih baik mencuci memakai tangan atau manual. Memakai mesin justru akan merusak tas tersebut sebab tarikan mesin berpotensi membuat rajutannya terlepas. Mencuci dengan tangan lebih aman karena kekuatan Anda saat mencucinya bisa disesuaikan kebutuhan.

  • Jangan dikucek apalagi disikat,

Jika menjumpai noda yang membandel pada tas rajut maka ilmu khusus merawat tas satu ini sangat diperlukan. Cobalah untuk diberi cairan detergen lebih banyak di area yang bernoda kemudian direndam minimal selama setengah jam. Apabila noda masih ada namun sudah agak pudar gunakan jari dan telapak tangan untuk menekan-nekan noda tersebut. Hindari mengucek tas rajut sebab bisa membuat bahannya lepas dan sobek, apalagi jika sampai disikat maka akan lebih parah.

  • Tambahkan pelembut pakaian,

Supaya hasil mencuci tas rajut ini lebih maksimal maka disarankan untuk menambahkan pelembut pakaian. Tujuannya untuk memastikan serat rajutan tidak banyak yang keluar sehingga tas nampak rapi dan selalu terlihat baru. Gunakan pula detergen berbentuk cair supaya tidak ada residu yang tertinggal di dalam serat rajutan tas tersebut. Proses membilasnya pun usahakan tidak ditarik asal melainkan ditekan-tekan di dalam ember. Lalu pindahkan dengan cara diangkat bagian tengah tas, sebab jika ditarik malah molor.

Baca juga artikel menarik lainnya di klinikmode.com

  • Jemur dengan benar,

Khusus untuk proses menjemur Anda baiknya menghindari tali jemuran maupun hanger, karena berpotensi membuatnya melar. Cara terbaik untuk mengeringkan tas rajut yang sudah dicuci adalah dengan menggelarnya. Jadi silahkan ambil alas seperti karpet atau mungkin tikar, bisa pula memakai meja maupun kursi kecil. Lalu letakkan di tempat jemuran dan rentangkan tas rajut Anda di atasnya. Kemudian pilih tempat yang teduh supaya warna tas tidak mudah pudar, tips ini tentu membantu merawat tas rajut yang Anda sukai dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *