Busana Kerja Terbaik Agar Terlihat Profesional

Salah satu cara seseorang melihat kepribadian kita adalah dari cara kita berpakaian. Penampilan yang rapi tentunya akan enak dipandang orang dan menimbulkan kesan professional. Dalam busana untuk kerja kita tentunya dituntut untuk memberikan kesan profesional dan dapat dipercaya. Untuk itu perlu keterampilan memilih kostum yang sesuai dan mendukung penampilan kita.

Salah satu cara memilih busana yang sesuai adalah dengan memadupadankan berbagai model yang ada. Terdapat brand internasional yang menjual baju-baju khusus kerja, Namun tentunya bila kita tidak memiliki budget besar kita bisa memilih merk-merk lokal yang berkualitas. Memilih busana untuk kerja memang susah-susah gampang, perlu banyak pertimbangan dari segi harga maupun kualitas.

Berikut Tips memilih busana kerja wanita agar terlihat profesional:

  1. Untuk atasan, disarankan untuk menggunakan blus yang bisa dikombinasikan dengan blazer yang menambah kesan formal. Namun bila blus yang dikenakan sudah ramai atau memiliki banyak aksen lebih baik Anda tidak perlu mengenakan blazer lagi karena hanya akan menambah kesan ramai atau malah justru menutupi aksesoris blus tersebut. Bisa juga mengkombinasikan kemeja dengan cardigan untuk kesan lebih santai.
  2. Untuk bawahan, kenakan rok span atau celana panjang kain yang senada.
  3. Pilihlah warna-warna yang soft, jangan memilih warna yang cetar karena akan merusak konsentrasi rekan yang lain. Pilih warna-warna segar seperti biru, hijau dan warna pastel. Anda juga bisa menggunakan warna monochrome untuk kesan profesional.
  4. Tambahkan juga aksesoris penunjang penampilan seperti kalung dan jam tangan bila baju kamu terkesan masih polos. Usahakan untuk tidak membuat baju kamu terlihat terlalu ramai.
  5. Dan yang terakhir sepatu. Kenakan sepatu hak untuk menunjang penampilanmu namun jangan menggunakan wedges karena menimbulkan kesan kurang sopan, wedges dikenakan hanya ketika kita ke pesta atau pergi hang out dengan teman-teman. Bisa juga menggunakan flat shoes untuk menggantikan heels bila Anda tidak nyaman dalam penggunaan heels.

>> Baca Juga : Memilih Dress Pesta yang Sesuai Untuk Tubuh Pendek

Nah, itu tadi tips memilih busana kerja untuk wanita. Sekarang adalah tips memilih pakaian kerja bagi pria:

  1. Kemeja yang rapi sudah dapat menjadi baju kerja Anda, bila ingin bisa menambahkan aksesoris berupa dasi dan jas. Namun bila Anda sedang tidak melakukan pertemuan-pertemuan penting, mengenakan kemeja dengan dasi sudah cukup sebagai penampilan formal Anda.
  2. Gunakan celana panjang berbahan kain dengan warna-warna gelap seperti hitam, cokelat maupun biru tua.
  3. Untuk aksesoris Anda bisa menggunakan dasi yang berwarna monochrome, warna yang tidak mencolok ataupun warna-warna seperti merah juga cocok dikenakan. Gunakan juga jam tangan untuk menunjang penampilan Anda, karena selain bermanfaat untuk mengetahui waktu jam tangan juga menambah nilai plus dalam penampilan Anda. Gunakan jam tangan arloji dan hindari jam tangan digital atau sporty.

Bagi Anda para wanita juga dapat melengkapi gaya berbusana Anda dengan tas yang sesuai penampilan Anda. Buatlah model rambut yang rapi dan tidak berhamburan kemana-mana, kuncir rambut Anda, atau Anda juga bisa menyanggul modern dan simple. Masih banyak variasi-variasi lain yang bisa Anda lakukan untuk menunjang busana kerja Anda.

Namun ingat dalam bereksperimen Anda harus dapat menilai apakah penampilan Anda pantas atau malah terkesan aneh. Minta penilaian dari orang lain tentang penampilan kamu. Jangan sampai Anda terlihat seperti badut di mata bos Anda dan menurunkan kualitas diri Anda. Semoga tips tadi bermanfaat untuk Anda dalam memilih busana yang tepat untuk bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *