7 Sejarah Unik Item Dunia Fashion yang Perlu Anda Tahu

Pernahkan Anda berpikir kalau item dunia fashion yang Anda kenakan saat ini ternyata memiliki sejumlah sejarah uniknya sendiri yang tidak terduga? Berikut ini akan disajikan 7 sejarah unik item dunia fashion yang perlu Anda tahu.

Jeans

Item berusia lebih dari dua abad ini pertama kali ditemukan oleh Levi Strauss dan Jacob Davis pada 1871. Awalnya, jenis pakaian ini digunakan oleh para buruh kapal, karena dianggap tebal, kuat dan tidak mudah sobek. Nama jeans berasal dari nama kota pertama kali dibuat, yakni Genoa. Meski tadinya hanya pakaian para buruh kapal, ternyata jeans kini telah berkembang menjadi salah satu tren dunia fashion.

Polo Shirt

Meski namanya polo shirt, item fasion ini pertama kali justru digunakan dalam olahraga tenis. Penemunya adalah Rene Lacoste, seorang pemain tenis terbaik di era 1920-an. Saat itu, pakaian formal seperti kemeja dan celana bahan masih digunakan untuk olahraga, sehingga tidak nyaman. Karena itulah, Lacoste kemudian mendesain jenis pakaian berbahan katun dengan lengan pendek dan hanya satu kancing di dekat kerah agar dapat nyaman digunakan saat olahraga.

Baca Juga : Beragam Jenis Busana Kerja yang Harus Anda Tahu

Ransel

Salah satu cerita terkenal soal ransel muncul dari tahun 1938. Gerry Cunningham yang menggemari olahraga outdor berusaha membuat jenis tas baru yang bisa digunakan untuk membawa beragam barang saat melakukan pendakian. Hasil karyanya inilah yang sekarang dikenal dan banyak digunakan dalam berbagai aktivitas outdor lainnya.

Sneakers

Model sepatu satu ini adalah favorit banyak orang. Dibuat akhir abad ke-18 dan mulai terkenal pada 1917, sepatu bersol karet ini mencuri banyak pehatian publik. Awalnya, sepatu ini adalah sepatu basket yang didesain oleh Marquis Mills Converse dengan merek Converse.

Little Black Dress

Coco Chanel adalah orang yang berada di balik penciptaan gaun minimalis berpotongan pendek dengan warna hitam polos satu ini. Little black dress atau LBD pertama kali muncul pada era 1920-an. Dibuat agar bisa digunakan oleh wanita dalam berbagai kesempatan tanpa harus kehilangan kesan elegan dan cantiknya.

Kacamata Aviator

Model kaca mata ini awalnya dikembangan untuk para pilot. Dibuat oleh Bausch dan Lomb, kacamata aviator ini muncul pada 1936. Awalnya, kacamata ini digunakan untuk melindungi mata para pilot pesawat tempur maupun komersil dari sinar matahari. Model bingkai yang lebar tujuannya untuk bisa menutupi semua area jangkauan mata. Tapi saat ini, kacamata ini sudah tren sebagai kacamata gaya.

Flat Shoes

Pemakai jenis sepatu satu ini dulunya adalah para bangsawan. Disebut juga sebagai ballet shoes, sepatu ini sempat kehilangan popularitasnya di era 1940-an. Meski demikian, jenis satu ini kini sudah kembali terkenal dalam berbagai ikon dunia fashion yang ada saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *