6 Tahapan Merawat Sepatu Kulit

Memiliki sepatu berbahan kulit kesayangan tentu saja akan membantu membuat aktifitas setiap harinya menjadi lebih mudah. Sedikit informasi untuk Anda bahwa jenis sepatu ini ada dua yaitu kulit asli dan sintetis. Dengan demikian perawatan yang dilakukan pun berbeda yang sebaiknya Anda ketahui. Apabila menggunakan sepatu jenis kulit sintetis akan lebih kuat dan tidak membutuhkan perawatan yang sulit. Namun apabila Anda memiliki sepatu jenis kulit asli sebagai bahan dasarnya. Tentu saja membutuhkan beberapa tahapan perawatan. Berikut ini akan dijelaskan mengenai merawat sepatu kulit asli seperti di bawah ini.

Baca Juga: Tips Sederhana Merawat Tas Koleksimu

6 Tahapan perawatan sepatu jenis kulit asli, antara lain:

  • Jenis kulit
    Saat Anda membeli sepatu berbahan kulit asli hendaknya mengetahui mengenai kualitas yang dimiliki. Dengan mengetahui mengenai kualitas yang dimiliki Anda akan mengetahui tahapan mana yang sebaiknya dipilih dalam merawatnya. Apabila Anda menggunakan jenis kulit asli berkualitas baik tak perlu repot dan merasa kesulitan. Hal ini karena sifat yang kuat dan elastis dimilikinya. Namun apabila berkualitas buruk ada baiknya apabila perawatan lebih.
  • Hindari tempat lembab 
    Apabila Anda ingin merawat sepatu pastikan bahwa menghindari tempat yang lembab. Mulailah untuk membantu dalam meletakkan silica gel untuk membuat keadaan sepatu tetap dalam kondisi tetap kering. Tentu saja apabila demikian adanya akan membuat Anda menjadi lebih mudah untuk mendapatkannya. Sehingga akan menjadikan kenyamanan yang dirasakan bahwa bagian kulit tidak akan mudah hancur dan lembab.
  • Membersihkan sepatu 
    Saat membersihkan sepatu kulit disarankan untuk tidak mencucinya. Hal ini karena apabila Anda mencucinya akan mudah terbuka bagian lem atau jahitannya. Perlu Anda ketahui bahwa sepatu berbahan kulit ini tidak boleh dicuci. Anda hanya bisa menyemirnya saja dan memberikan silica gel pada bagian dalamnya. Sehingga akan membantu dalam mendapatkan kenyamanan yang dirasakan. Kenyamanan tersebut akan membantu dalam mendapatkan dalam menjaga agar sepatu senantiasa terawat.
  • Hindari menempatkan di luar 
    Ada baiknya apabila Anda ingin merawat koleksi sepatu Anda tersebut. Mulailah untuk membuat rak didalam rumah dan jangan sampai menempatkannya di luar rumah. Hal ini karena sepatu berbahan kulit tidak boleh terkena hujan dan panas matahari secara langsung. Apabila hal ini terjadi tentu saja akan mengakibatkan adanya kemungkinan kulit menjadi mudah mengelupas dan rusak. Sehingga mulailah untuk memaksimalkan kenyamanan yang dirasakan.
  • Semir sepatu 
    Mulailah untuk menyemir sepatu setiap kali ingin menggunakan. Dengan demikian akan menjadikan kenyamanan yang dirasakan. Usahakan untuk menyemir bagian sepatu tersebut dengan lebih maksimal. Namun pemilihan sepatu hendaknya digunakan sesuai dengan warna kulit yang dimiliki. Jangan sampai berbeda karena akan mempengaruhi kejernihan warna sepatu tersebut. Dengan demikian kenali warna sepatu dan semir yang digunakan serta pastikan digunakan untuk kulit asli tersebut.
  • Posisi letak sepatu 
    Hendaknya saat meletakkan sepatu pastikan bahwa memberikan jarak dengan sepatu lainnya pada rak tersebut. Dengan demikian akan membantu dalam mendapatkan kulit yang terlindungi. Namun apabila Anda meletakkannya secara berdempetan bahkan menumpuk- numpuk. Tentu saja akan rentan terkena masalah seperti baret pada kulit sepatu tersebut dengan akhirnya tidak dapat diperbaiki kembali. Untuk itu pastikan bahwa jangan sampai melakukan hal tersebut sehingga akan memaksimalkan kenyamanan yang dirasakan. Dengan merawat sepatu berbahan kulit secara benar akan membantu dalam tahan lama dan awet dalam waktu yang panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *